Ini Bahaya Jika Sering Konsumsi Diet Soda

Ilustrasi. Foto: net
Ilustrasi. Foto: net
Ilustrasi. Foto: net

POJOKSATU.id – Menurut sebuah penelitian, orang dewasa yang sering mengkonsumsi diet soda biasanya akan mengalami pelebaran pada lingkar pinggang. Peneliti menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi diet soda memiliki pinggang yang lebih lebar tiga kali, dari pada mereka yang tidak.

Seperti dilansir foxnews.com, Sharon Fowler, ahli dari University of Texas Health Science Center menyatakan bahwa semakin banyak seseorang mengkonsumsi diet soda, maka semakin banyak lemak yang menumpuk dalam perut. Ini yang menyebabkan lingkar pinggang melebar.

Menurut Dr. Sharon, menumpuknya lemak di perut, yang biasanya menyebabkan lingkar pinggang melebar, merupakan faktor utama penyebab seseorang mengidap penyakit jantung.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahaya mengkonsumsi diet soda bagi tubuh. American Stroke Association di Los Angeles menemukan fakta bahwa, mereka yang sering mengkonsumsi diet soda lebih beresiko terkena stroke, serangan jantung, bahkan kematian. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013, di American Academy of Neurology, San Diego, juga menemukan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi diet soda lebih beresiko terkena depresi.


Dalam penelitian tersebut, memang tidak dijelaskan secara rinci bahwa mengkonsumsi diet soda dapat memicu produksi lemak dalam tubuh, namun zat pemanis yang ditemukan pada diet soda sangat mempengaruhi makanan yang dicerna dalam tubuh.

Dr. Fowler menyarankan sebaiknya mulai dari sekarang kurangi mengkonsumsi diet soda yang hanya akan memperburuk kesehatan. Konsumsi diet soda pun dapat diganti dengan makanan lain yang sejenis. Misal jika Anda menyukai makanan manis, dari pada mengkonsumsi diet soda, lebih baik gantilah dengan buah atau makanan manis lain yang sehat.(cr3/lya)