Detoksifikasi dalam Tubuh, Ini Cara yang Bisa Dilakukan

Ilustrasi. Foto: net
Ilustrasi. Foto: net
Ilustrasi. Foto: net

POJOKSATU.id – Suhu tubuh kita bisa berubah seiring pergantian musim. Terlebih pada musim hujan, suhu tubuh kita akan berubah drastis, sehingga memerlukan proses detoksifikasi agar racun dalam tubuh dapat dibuang.

Nah, jika sudah terjadi hal tersebut, berikut cara yang bisa dilakukan, seperti dikutip dari laman Mirror.co.uk, Senin (16/3)

1. Rambut

Cuaca yang dingin dapat membuat kulit kepala kering, rambut rontok dan bercabang. Kurangnya vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari juga berakibat pada lambatnya pertumbuhan rambut. Vitamin D dalam tubuh akan menurun saat cuaca dingin. Sebaiknya rutinlah berjemur minimal 20 menit agar kebutuhan vitamin D tercukupi.


2. Mata

Pada saat dingin, mata kita cenderung kering dan mudah lelah. Untuk mengatasinya, gunakan cairan pembersih mata yang banyak dijumpai di apotek.

3. Masalah Kulit

Cuaca dingin biasanya mengakibatkan kulit kering dan bermasalah. Masalah kulit seperti jerawat dan eksim juga sangat mungkin terjadi selama cuaca dingin. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggosok kulit Anda perlahan-lahan sehingga sel kulit mati dapat terangkat.

4. Tangan dan Kaki

Cuaca dingin juga sangat berpengaruh pada kesehatan tangan dan kaki. Masalah yang sangat umum terjadi biasanya adalah iritasi dan kulit kering. Sebaiknya hindari pemakaian sabun mandi dan gel yang dapat membuat kulit Anda semakin kering. Sedangkan untuk kaki, hindari pemakaian sepatu yang terlalu sempit agar kulit bisa bernafas dengan baik.(cr3/lya)