Kecambah Toge Bikin Cepat Hamil, Benarkah?

kecambah toge
Ilustrasi
kecambah toge
Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menurut dr. Bambang Wirjatmadi, MD.,M.S.,MCN Ph. agar cepat hamil, pasangan suami istri harus sehat secara jasmani dan rohani. Sehat jasmani berarti tidak mengalami gangguan pada fungsi reproduksi serta sehat rohani yang juga berarti tidak mengalami gangguan psikologi yang menghambat terjadinya proses kehamilan.

Namun bagaimana dengan anggapan bahwa dengan makan makanan tertentu seperti kecambah dapat mempercepat proses kehamilan karena dengan makan bahan makanan tersebut orang menjadi subur.

“Proses yang lama untuk bisa hamil, disebabkan oleh banyak faktor. Sedangkan anggapan bahwa dengan makan kecambah akan mempercepat proses kehamilan, hingga kini masih belum bisa dibuktikan,” tutur dr. Bambang Wirjatmadi, MD.,M.S.,MCN Ph.

Selama ini vitamin E adalah vitamin yang berfungsi sebagai anti oksidan untuk melawan radikal bebas. Namun vitamin ini juga memiliki fungsi lain yaitu berguna untuk reproduksi.


“Dan secara kebetulan, vitamin ini banyak terdapat di kecambah. Sehingga bila ada yang menganggap bahwa dengan mengonsumsi bahan makanan ini, orang cepat hamil, tidak sepenuhnya salah,”lanjutnya.

Bila ada seseorang yang ternyata hamil setelah mengonsumsi bahan makanan ini, mungkin ada benarnya bahan makanan ini membantunya untuk cepat hamil. Karena kecambah sendiri juga berfungsi dalam reproduksi.

Sementara itu, bila seseorang sudah berusaha makan bahan makanan ini dan ternyata belum hamil juga, maka tidak dapat pula dikatakan bahwa kecambah tidak membantu proses kehamilan. Karena proses kehamilan itu sendiri dipengaruhi banyak faktor tidak hanya dari segi bahan-bahan makanan yang dikonsumsi. (Nyata/indopos/zul)