Aman Bercinta Pakai Kondom? Perhatikan Bahan Kondomnya

mitos kondom, kondom, penelitian kondom
Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Tidak semua bahan kondom sama. Pilih kondom yang sesuai keinginan dan kebutuhan. Berikut ini beberapa jenis kondom yang ada di pasaran berdasarkan bahan pembuatnya.

1. Latex (Getah Karet)
Jika dipakai dengan benar, bisa mencegah kehamilan dan penyakit kelamin. Kondom dari bahan ini juga dinilai paling efektif, tahan lama, serta banyak tersedia di toko dan supermarket. Namun, sebanyak 5%-7% orang alergi dengan latex. Alasannya, latex menyebabkan gatal dan kulit terasa panas seperti terbakar.

2. Polyurethane
Kondom jenis ini juga dapat menghambat sperma dan virus. Kondom berbahan polyurethane bisa menjadi pilihan terbaik jika pasangan Anda alergi kondom latex. Kondom ini pun lebih tipis. Tidak terlalu panas seperti latex. Hubungan intim juga terasa lebih alami.

3. Selaput Binatang (Animal Membrane)
Kondom jenis ini tidak mampu mencegah penyakit menular, namun bisa mencegah kehamilan. Pori-pori atau lubang kecil (microscopic openings) pada membran sangat mungkin ditembus virus seperti HIV. Namun, sperma tetap tidak bisa menembus karena lebih besar ukurannya. Jadi, kondom ini hanya untuk pasangan setia yang terbukti bebas penyakit menular.


Periksa Tangga Kadaluarsa
Jangan lupa memeriksa tanggal kadaluarsa kondom. Buang yang kadaluarsa dan beli yang masih bagus. Jangan menyimpan kondom terlalu lama. Suhu panas bisa menyebabkan lateks rapuh dan bergetah seperti balon lama. Kemungkinan besar, kondom juga mudah robek dan tergencet barang atau benda keras. (nyata/indopos/zul)