Rambut Butuh 5 Nutrisi Ini Agar Tetap Sehat

Ilustrasi rambut
Ilustrasi rambut
Ilustrasi. Foto: Net
Ilustrasi. Foto: Net

POJOKSATU.id – Sebagai mahkota, rambut tentu harus dirawat dengan baik. Namun, jangan sampai salah melakukan perawatan. Bukannya mendapatkan rambut indah, malah bisa jadi sebaliknya.

Nah, bagi yang ingin mendapatkan rambut sehat berkilau, tak perlu repot ke salon. Cara mudah ini bisa membuat mahkota Anda jadi sempurna. Caranya cukup dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan bergizi.

Ini lima makanan begizi untuk rambut Anda.

1. Zat Besi dan Zinc


Zat besi dan zinc (seng) dapat merangsang pertumbuhan folikel rambut. Zat besi dan seng banyak terkandung dalam daging rendah lemak, kacang kedelai, dan kacang lentil. Selain itu, mengkonsumsi buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C juga sangat baik dalam membantu penyerapan zat besi.

2. Vitamin D

Studi menemukan bahwa vitamin D dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin D antara lain ikan, telur, susu, sereal, kedelai dan lain-lain. Selain dari bahan makanan, vitamin D juga dapat diperoleh dari sinar matahari pagi.

3. Protein

Protein adalah salah satu komponen pembangun jaringan tubuh, mengganti sel-sel tubuh yang rusak dengan yang baru, dan dapat memperkuat akar rambut. Konsumsi protein secara rutin dapat membuat rambut Anda sehat.

4. Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon dapat menyuburkan rambut. Selain itu, omega 3 juga dapat mengurangi depresi dan menjaga kesehatan jantung.

5. Biotin (Vitamin B7 atau Vitamin H)

Vitamin B7 atau biasa disebut biotin memiliki manfaat yang sangat besar untuk rambut. Diantaranya dapat mencegah kerontokan, menguatkan akar rambut, dan mempercepat pertumbuhan rambut. Biotin banyak ditemui pada telur. Selain biotin, telur juga mengandung protein, kolin, dan vitamin D yang sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh.(cr3/lya)