10 Alasan Seks Bermanfaat Untuk Kesehatan

bercinta
ilustrasi
bercinta
ilustrasi

POJOKSATU.id – Ternyata seks punya segudang manfaat untuk kesehatan. Nah, jika di malam hari Anda memiliki waktu luang, dan ingin melakukan kegiatan yang bisa mengeluarkan keringat, berhubungan intim menjadi pilihan yang patut dicoba. Di samping membuat rileks, seks juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Berikut 10 manfaat seks bermanfaat bagi kesehatan yang wajib diketahui, seperti dikutip di Health.com. Apasaja manfaatnya.

1. Membakar Kalori

Berhubungan badan dapat memperkuat otot, mempercepat denyut jantung, dan membuat organ tubuh kita bekerja lebih baik. Menurut penelitian yang dilakukan pada 2013, pria membakar 101 kalori setiap berhubungan intim, sedangkan pada wanita, rata-rata mencapai 69 kalori. Rata-rata dibutuhkan waktu selama 25 menit dalam berhubungan seks (dari foreplay sampai orgasme). Jika Anda memperpanjang waktu berhubungan intim, tentunya akan lebih banyak kalori yang dibakar. Hal ini sangat baik untuk kesehatan.


2. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

ilustrasi tidur nyenyak

Pada saat orgasme, tubuh mengeluarkan hormon prolactin, yang dapat membuat tubuh menjadi rileks. Jika Anda susah tidur, berhubungan intim bisa menjadi pilihan, patut dicoba untuk membantu Anda rileks dan lebih cepat tidur.

3. Menurunkan Tekanan Darah dan Meminimalisir Stress

Penelitian yang dilakukan di Skotlandia pada 2015, menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan antara mereka yang berhubungan badan, secara rutin dengan yang tidak. Seks, tidak hanya bisa menurunkan tekanan darah, tapi juga meminimalisir stress.

4. Menguatkan Jantung

Berhubungan intim secara rutin, memiliki manfaat yang sangat baik bagi jantung. Seks, membantu melepaskan hormon estrogen dan testosteron, yang memiliki manfaat memaksimalkan sistem organ dalam tubuh, termasuk jantung.

5. Mencegah Kanker

Penelitian menunjukkan, bahwa pria yang lebih sering ejakulasi cenderung mempunyai resiko terkena kanker prostat, yang lebih rendah dari pada mereka yang tidak. Sebuah studi di Yunani juga menunjukkan, wanita yang berhubungan seks, minimal sebulan sekali memiliki resiko terkena kanker payudara yang lebih rendah, dari pada mereka yang tidak pernah berhubungan seks sama sekali.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

ilustrasi kekebalan tubuh

Ketika berhubungan intim, tubuh mengeluarkan immunoglobulin A (IgA), antibodi yang dapat membantu melawan virus. Sebuah studi menunjukkan, mereka yang rutin berhubungan intim, memiliki kadar IgA lebih tinggi dari yang tidak.

7. Menghilangkan Rasa sakit

Rasa sakit, biasanya berhubungan dengan sistem peredaran darah yang tidak lancar, dan berhubungan intim secara rutin, dapat membantu melancarkan peredaran darah. Hormon endorphin yang dilepaskan selama orgasme, sangat baik untuk melancarkan peredaran darah.

8. Membuat Anda Cerdas

Di dalam otak ada hormon neurogenesis, yang mampu meningkatkan kecerdasan. Neurogenesis hormon, yang difungsikan dalam proses belajar dan mengingat (memori otak). Hormon ini, akan dilepaskan ketika kita berhubungan intim. Tak salah, jika orang yang lebih sering berhubungan seks, memiliki kecerdasan intelegensia yang lebih dari mereka yang tidak.

9. Membuat Awet Muda

iluustrasi awet muda

Hormon endorphin, yang dilepaskan selama berhubungan intim, akan membuat kita rileks dan stress berkurang. Seks juga, dapat memperlancar peredaran darah dan membantu perilisan hormon yang dibutuhkan tubuh. Hal ini, secara tidak langsung, memiliki efek yang sangat baik pada penampilan Anda, terutama kulit.

10. Kunci Kebahagiaan dan Memperpanjang Umur

Banyak yang beranggapan, bahwa berhubungan intim dapat memperpanjang umur. Hal ini memang benar. Penelitian membuktikan, bahwa mereka yang rutin berhubungan seks akan memiliki harapan hidup yang lebih lama, dari pada mereka yang tidak. Bisa jadi, ini efek dari keharmonisan hubungan suami istri, yang diperoleh dari seks itu sendiri.(cr3/lya)