6 Langkah Rias Wajah Berminyak

Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Merias wajah berminyak memang merepotkan. Tidak hanya untuk menyamarkan kelebihan minyak, tapi juga membuat agar riasan tetap menempel awet pada wajah. Untuk itu, coba ikuti tips berikut ini:

1. Gunakan Make Up Primer

Bersihkan wajah lebih dulu, kemudian oleskan make up primer antikilap dan bebas minyak lebih dulu agar riasan tahan lama. Paling tidak untuk area T –dahi, hidung, dan dagu-. Make up primer sebaiknya juga dioleskan pada kelopak mata sebagai dasar make up untuk menyempurnakan riasan eyeshadow dan eyeliner.

2. Gunakan Bedak Secukupnya


Aplikasikasikan bedak secukupnya saja. Jangan terlalu tebal, karena malah akan membuat pori-pori kulit mengeluarkan minyak lebih banyak. Jika telanjur menggunakan bedak tebal, basahi spon, kemudian ulaskan pada bagian yang diberi bedak tebal tadi.

3. Pilih Produk Bebas Minyak

Gunakan foundation dan blush on yang noncomedogenic dan bebas minyak, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori. Gunakan juga cleanser dan toner dengan campuran asa, glikolat untuk mengurangi kelebihan minyak.

4. Gunakan Produk Tahan Lama

Gunakan produk yang waterproof, water resistant atau long lasting agar riasan awet menempel pada wajah seharian. Tapi, Anda juga harus rajin membersihkan wajah setelahnya.

5. Gunakan Pelembab

Gunakan pelembab ringan saja untuk melembabkan tanpa membuat wajah kelihatan berminyak. Jangan lupa gunakan tabir surya, tapi pilih yang bebas minyak. Setelah mengoleskan tabir surya, ambil tisu dan tempelkan pada kulit wajah untuk menyerap kelebihan minyak. Setelah itu, baru oleskan alas bedak.

6. Selalu Sediakan Kertas Minyak

Meski sudah ber-make up sempurna di pagi hari, pada siang hari kulit wajah berminyak tetap akan terlihat mengkilat pada siang hari. Karena itu, jangan lupa selalu membawa kertas minyak untuk menyerap kelebihan minyak pada wajah.

Caranya, tekankan kertas pada bagian kulit wajah yang berminyak. Jangan menggosoknya, karena akan menghapus riasan.  (heni/bbs/nyata/jpnn/zul)