Cincin Batu Akik Digemari Selebriti Hollywood

Taylor Swift
Taylor Swift
Taylor Swift

POJOKSATU –  Demam batu akik rupanya tak hanya terjadi di Indonesia. Batu akik juga merambah mancangera. Bahkan, beberapa artis papan atas dunia ternyata menyukainya. Mereka tak segan-segan memamerkan cincin batu akik itu di depan umum.

Sejumlah selebriti Hollywood terlihat memakai cincin batu akik saat menghadiri Grammy Awards 2015. Sebut saja penyanyi
Beyonce dan Taylor Swift. Beyonce terlihat memakai cincin berhias batu zamrud atau emerald dalam acara yang berlangsung pada 8 Februari 2015 di Staples Center, Los Angeles. Sementara Taylor Swift mengenakan anting dan cincin yang terbuat dari batu black opal.

Seperangkat perhiasan dari label asal Amerika Lorraine Schwartz yang dikenakan Swift tersebut berharga US$ 1 juta atau sekitar Rp 12,7 miliar. Black opal adalah varian terlangka dari batu opal dan merupakan batu nasional Australia. Hampir seluruh batu black opal yang beredar berasal dari pertambangan Lightning Ridge, New South Wales.

Batu opal memiliki kandungan air yang membuatnya tampak berkilau warna-warni. di Indonesia, batu opal dikenal dengan nama “kalimaya” yang banyak ditambang di daerah Banten. Nilai ekonomis batu ini mendapat perhatian serius dari pemerintah Banten.  Pasalnya, batu kalimaya disebut-sebut masuk dalam jajaran 10 batu mulia termahal di


Komisioner KPI, Sujarwanto Rahmat M. Arifin yang menaruh perhatian pada batu akik sejak 4 tahun lalu, menjelaskan bahwa batu kalimaya perlu dibasuh air secara rutin agar tidak mudah retak. Sebagaimana batu-batu alam lain, batu kalimaya pun tak luput dari kepercayaan mistis sebagian masyarakat.

“Sebagian masyarakat percaya bahwa batu kalimaya berguna untuk mempertajam sixth sense atau indra ke-6,” tutur Sujarwanto. (lp6/one)