Ternyata Ini Manfaat Emas Temulawak

kunyit
kunyit

POJOKSATU – Temulawak sudah dipakai sejak lama sebagai bahan alam yang berkhasiat hepatoprotektor, yaitu melindungi fungsi organ liver. Beberapa peneliti bahkan sudah mengklaim rebusan temulawak adalah minuman asli orang Indonesia.

Apa pun julukannya, bahan ini memang mengandung zat aktif yang membantu kesehatan kita, termasuk juga antioksidan dan pelindung fungi saluran empedu. Minum rebusan yang tidak perlu terlalu kental sebagai preventif (pencegahan).

Kalau Anda merasa sehat benar, minum 3 kali seminggu 300 ml. Perhatikan pola hidup, yaitu makanan bergizi 4 sehat lima sempurna, istirahat cukup dan tidak stress.

Olahraga setiap hari sangat membantu mencapai keadaan sehat. Untuk temulawak sendiri, Anda perlu memilih rimpang segar dan terlihat baik melalui pandangan mata.


Tidak perlu yang berukuran besar, karena yang penting tampak segar dan sehat.

Kalau ingin mengeringkan rimpang untuk disimpan, maka cucilah sampai bersih, kupas, iris tipis dan keringkan di bawah terik matahari pagi.

Harus kering benar, yaitu yang diketahui melalui bunyi ’klik’ apabila irisan kering itu dipatahkan. Pastikan harus kering agar tidak tumbuh jamur.

Sumber: Prof Dr Mangestuti Agil MS Apt. Guru Besar Departemen Farmakognosi dan Fitokimia, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga.  (nyata/jpnn/zul)