Cokelat Bantu Sembuhkan Penyakit Ini

cokelat
cokelat

POJOKSATU – Buah kakao atau yang dikenal dengan sebutan buah cokelat ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah ternyata buah cokelat ini dapat membantu mencegah demensia.

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan ada sejenis kakao tertentu yang dapat menghentikan laju pertumbuhan protein dalam otak, yang menjadi cikal bakal terjadinya demensia.

Lavado kakao yang juga dapat ditemukan dalam buah dan sayuran merupakan antioksidan yang mengandung polifenol yang dapat membantu mencegah penyakit otak degenaratif.

Temuan ini diterbitkan dalam Journal of Alzheimer. Penelitian oleh ilmuwan di Mount Sinai Hospital di New York melihat sinapsis atau kesenjangan antara sel-sel saraf.


“Hilangnya fungsi sinapsis memiliki peran lebih besar dalam membantu kehilangan memori,” kata pemimpin studi, Profesor Giulio Pasinetti Maria, seperti dilansir laman Daily Mail, Minggu (3/8)

Pada jalur saraf yang sehat, setiap sel saraf mengirimkan pulsa listrik bawah yang melepaskan zat kimia yang disebut neurotransmitter yang mengapung di celah dan menyampaikan pesan.

Namun, dalam otak dengan penyakit degeneratif seperti Alzheimer, kelompok protein berbahaya melekat satu sama lain dan dapat mengisi kesenjangan antara sel-sel saraf, mengganggu sirkuit memori dan fungsi otak yang normal lainnya.

Dr. Pasinetti, dari Mount Sinai Hospital di New York, menyarankan bahwa Lavado bisa dibuat menjadi suplemen makanan untuk mencegah penyakit ini.

Ekstrak Lavado, yang memiliki kandungan polifenol tertinggi dan aktivitas anti-inflamasi diketahui paling efektif dalam memerangi pembentukan gumpalan lengket di otak dan dan membalikkan kerusakan sel saraf. (fny/jpnn/zul)