Suka Coklat Namun Ingin Diet? Coba Makan Ini

Cokelat bisa membantu mencegah demensia. Getty images
Cokelat bisa membantu mencegah demensia. Getty images

POJOKSATU –¬†Siapa tidak suka dengan cokelat? Salah satu camilan manis yang populer ini disukai hampir oleh segala usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tidak selalu memberikan dampak buruk, asupan ini rupanya juga bisa membantu proses penurunan berat badan.

Marlo Mittler, MS, RD, ahli diet anak dan remaja di Cohen Children’s Medical Center of New York, Amerika Serikat, mengatakan pendapatnya tentang diet cokelat.

Perlu diingat bahwa yang dibicarakan oleh Mittler dalam hal ini adalah cokelat dengan jenis dark chocolate. Menurutnya meskipun mungkin terdengar tidak biasa, diet ini bisa memberikan dampak positif yang signifikan.

Penelitian telah menemukan bahwa rutin mengonsumsi cokelat dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan bahkan membantu mengatur insulin. Penelitian lain juga pernah menemukan bahwa kandungan flavanol dalam cokelat dapat meningkatkan kesehatan otak pada orang dewasa yang mengalami penuaan.


Diet cokelat berkembang setelah penelitian menyimpulkan bahwa orang yang sering makan cokelat memiliki indeks massa tubuh (IMT) lebih rendah, jika dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsinya.

Ini terjadi karena cokelat mengandung antioksidan tinggi yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Aturan yang perlu diingat adalah mengkonsumsinya dalam porsi kecil dan tak berlebihan.

Dark chocolate dalam jumlah kecil dapat memenuhi keinginan anda untuk ngemil, memberi anda sejumlah energi tambahan dan menurunkan nafsu makan anda. Jika dikombinasikan dengan diet seimbang, maka diet cokelat akan terdengar masuk akal. Menurut Mittler, contoh penerapan diet cokelat yang seimbang adalah sebagai berikut:

Sarapan: 1 cangkir sereal gandum utuh, 1 cangkir susu skim dan 1 cangkir buah berry.
Camilan pagi: 1 cangkir buah.
Makan siang: 3 iris daging ayam dengan sayuran.
Camilan sore: 200-300 kalori camilan cokelat yang dapat mencakup dark chocolate batang atau shake.
Makan malam: 3 iris daging ikan, sayuran dan 1 cangkir nasi.
Camilan malam: 1 cangkir buah.

“Intinya sederhana, diet cokelat berarti memasukkan cokelat dalam diet seimbang sehari-hari,” pungkas Mittler. (fny/jpnn/zul)