Jessica Iskandar Tak Pernah Nikah di Gereja

Jessica Iskandar
Jessica Iskandar
Jessica Iskandar

POJOKSATU – Persidangan gugatan yang diajukan Ludwig Franz Willibald kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atas pernikahannya dengan Jessica Iskandar kembali digelar di PTUN, Kamis (5/2).

Persidangan kali ini pihak Ludwig menghadirkan perwakilan dari Gereja Yesus Sejati sebagai saksi. Andrea Halingkar, selaku pendeta di Gereja Yesus Sejati ditunjuk sebagai saksi dari pihak Ludwig Franz Willibald dalam persidangan di Pengadilan Tata Usaha dan Negara DKI Jakarta di Jakarta Timur, Kamis (5/2/2015). Beberapa pertanyaan pun dilontarkan kepada Andrea.

Pertanyaan seputar kebenaran pernikahan Jessica diajukan oleh pengacara Ludwig, Harvardy M Iqbal. Dua bukti, yakni kutipan akta pernikahan, dan surat pemberkatan diperlihatkan oleh mejelis hakim untuk menunjang jawaban saksi.

“Apakah benar di Gereja Yesus Sejati, terdapat pendeta bernama Simon Jonatan?” tanya Harvardy. “Tidak,” jawab Andrea.


“Apakah Gereja Yesus Sejati pada 11 Desember 2013 pernah menikahkan Ludwig dan Jessica?” tanya Harvardy lagi. “Tidak pernah,” tegas Andrea.

Semua jawaban yang diberikan oleh Andrea, pun tidak membenarkan pertanyaan itu. Bahkan ada beberapa perbedaan yang diperlihatkan oleh Andrea, yakni kop dan form surat pemberkatan pernikahan. “Tidak pernah mengeluarkan surat seperti ini. Kita akan umumkan sebelum hari pernikahan, bila di gereja kami akan ada pernikahan,” ungkap Andrea.

Merasa tidak mengeluarkan surat pemberkatan pernikahan, Andrea juga membacakan isi surat klarifikasi yang menyatakan tidak adanya surat yang dikeluarkan terkait pernikahan Jessica dan Ludwig. “Pernah mengirimkan surat klarifikasi kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, pada 2 Juni 2014,” ucap Andrea.

“Surat tersebut ditujukan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang isinya, pada 11 Desember tidak ada pernikahan antara saudara Ludwig Franz Willibald dan Yesisca Iskandar.”

“Kedua, Gereja Yesus Sejati tidak memiliki pendeta bernama Simon Jonatan.Ketiga, Gereja Yesus Sejati tidak memiliki jemaat bernama Ludwig dan Jessica Iskandar,” tegas Andrea membacakan inti surat klarifikasi tersebut.(Amd/indopos/lya)