Hati-hati, Gunakan Barang Ini Bisa Rusak Saraf

POJOKSATU – Handphone memang barang yang tak bisa lepas dari kehidupan sehati-hari kita, bahkan banyak orang berasumsi hidup mereka tak berwarna jika tanpa menggenggam handphone ini.

Namun banyak orang menggunakan hanphone berlebihan. Tahukah anda bahwa pengguna handphone yang berlebihan bisa mengakibatkan banyak bahaya bagi kesehatan. Salah satunya ialah Text Neck. Chiropractor asal Amerika Serikat, Dean Fishman pertamakali menciptakan istilah text leher atau text neck.

Itu adalah cedera stres berulang yang disebabkan pada tulang belakang ketika seseorang menghabiskan banyak waktu membungkuk menghadap perangkat listrik mereka.

Diantaranya ialah ketika menggunakan smartphone, tablet atau e-reader. “Walaupun kondisi kesehatan ini relatif baru, namun hal ini sudah menjadi perhatian global utama yang memengaruhi jutaan orang,” kata Fishman seperti dilansir laman Health Me up.


Bagaimana text neck memengaruhi kesehatan Anda?

Kepala manusia beratnya sekitar 1 -12 kilogram. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan di New York Spine & Rehab Medicine menemukan, leher yang membungkuk ke depan akan meningkatkan beban pada serviks tulang belakang. Jika membungkuk di sudut 15 derajat, maka berat pada tulang belakang adalah 27 kilogram.

Berikut bahaya text neck terhadap kesehatan Anda:

• Nyeri dan peradangan di leher.

• Nyeri pada leher, bahu, punggung, lengan, tangan, pergelangan tangan dan jari-jari.

• Sakit kepala, mati rasa atau kesemutan.

• Masalah jangka panjang. Di antaranya ialah ketegangan otot, saraf terjepit, disk hernia, arthritis dini, degenerasi tulang belakang atau misalignment, kerusakan otot, kerusakan saraf dan masalah pencernaan.

Bagaimana menghindari texk neck?

Untuk menghindari masalah yang terkait dengan text necks, buatlah sebuah titik untuk melihat perangkat dengan mata Anda, tanpa menjatuhkan leher ke depan. Latihlah leher Anda sesering mungkin. Misalnya, putar kepala Anda searah jarum jam. Setelah itu, putar dari kiri ke kanan dan menganggukkan kepala atas dan ke bawah. (fny/jpnn/zul)