Gereja Pastikan Tidak Ada Pernikahan Jessica Iskandar

Jessica Iskandar bersama Ludwig
Jessica Iskandar bersama Ludwig
Jessica Iskandar bersama Ludwig

POJOKSATU – Pernikahan Jessica Iskandar sepertinya harus berakhir di meja hijau. Pembatalan pernikahan yang diajukan Ludwig nampaknya bakal disetujui oleh pengadilan.

Ini setelah satu demi satu fakta hukum akan pernikahan tersebut terungkap di sidang Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN), Jakarta Timur, kemarin. Dalam persidangan yang beragendakan saksi, terungkap bahwa Gereja Yesus Sejati tidak pernah menikahkan Jessika dan Ludwig.

Hal tersebut diungkapkan Andrea Halingkar, salah pendeta Gereja Yesus Sejati di hadapan majelis hakim. Dalam persidangan beragendakan saksi yang digelar sekitar pukul 12.00 itu, Andrea menegaskan tidak pernah menikahkan Jessica dan Ludwig.

Pria yang bertugas di Gereja Yesus Sejati sejak 2013 tidak pernah mengenal Jessika maupun Ludwig. Apalagi pendeta Simone Jonathan yang kabarnya menikahkan mereka. ”Tidak kenal,” tegasnya.


Sebelum menggelar pernikahan, sejatinya Ludwig maupun Jessica mengisi form dan harus diketahui kedua belah mempelai. Setelah itu harus diberikan kepada petugas agar bisa diberikan bimbingan.

Namun, selama ini ia tidak pernah mendapati surat tersebut. ”Tidak pernah,” tepis Andrea lagi.

Bahkan saat majelis hakim menayakan akte pernikahan Jessica-Ludwig yang dilakukan di Gereja Yesus Sejati, juga dibantah oleh Andrea. “Tidak,” paparnya.
Menariknya lagi, dalam surat keterangan perkawinan yang dikeluarkan dari Gereja Yesus Sejati yang selama ini dipegang oleh Jessica bukan keluaran dari Gereja Yesus Sejati. ”Tidak. Bukan seperti ini,” paparnya.

Pada 2 Juni 2014, gereja pun mengirim klarifikasi soal tak adanya pernikahan mereka. ”Surat ini ditujukan ke Disdukcapil bahwa 11 Desember 2014 tak ada pernikahan atas nama Jessica dan Ludwiq. Kedua, tidak ada pendeta atas nama Simone Jonathan. Dan ketiga, gereja mengaku keduanya bukan jemaat gereja,” paparnya.

Menurutnya, yang bisa menikah di Gereje Yesus Sejati hanyalah yang terdaftar sebagai jemaat. Tapi ternyata, baik Jessica maupun Ludwig bukan jemaat gereja itu.

”Saya sangat keberatan, karena menyatakan dan menerangkan bahwa Gereja Yesus Sejati bilang tidak ada pemberkatan perkawinan antara Jessica Iskandar dengan Ludwig,” papar Kuasa Hukum Jessica, Brian Praneda usai persidangan.

Sepanjang yang disampaikan Jessica, terang Brian, dia melakukan pemberkatan dan langsung pulang. ”Nggak pernah bertemu dengan orang ataupun pengurus Gereja Yesus Sejati,” ungkapnya.

Dan pernikahan tersebut, kata Brian memang tidak dilakukan di gereja, melainkan di luar gereja. ”Dilakukan di luar gereja dan sudah diminta persetujuan oleh pengurus. Jessica seorang public figure, dia nggak mau pernikahan diekspose sehingga pemberkatan tersebut dilakukan di luar gereja,” bela Brian.

Siapa saja yg menghadiri? Keluarga atau ada berapa undangan? ”Tidak ada. Semua tertutup. Karena dia tidak menginginkan pernikahannya diketahui oleh orang,” pungkasnya. (ash/rmol/lya)