7 Negara Dengan Manusia Gemuk Paling Banyak

Foto Ilustrasi. (obatobesitas.com)
Foto Ilustrasi. (obatobesitas.com)
Foto Ilustrasi. (obatobesitas.com)

POJOKSATU – Obesitas atau kegemukan bisa menjadi masalah yang sangat serius jika dibiarkan begitu saja, karena obesitas itu bisa mengganggu kesehatan, terutama kesehatan jantung.

Tak hanya di negara maju, masalah kegemukan juga terjadi di negara miskin. Hal ini dipengaruhi oleh rutinitas berolah raga yang kurang atau juga diet yang tidak sehat.

Menurut Badan kesehatan dunia WHO, seseorang yang dikatakan mengalami overweight atau kegemukan adalah yang memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) lebih dari atau sama dengan 25 kg/m2. Jika IMT sudah melebihi 30 kg/m2, maka bisa dikategorikan obesitas.

Berikut adalah daftar negara dengan manusia gemuk paling banyak:


1. Hawai (93,5 persen)

Perang dunia II yang membawa orang asing untuk bermigrasi ke negara kepulauan ini, menjadikan negara Hawai memiliki pola makan yang sangat tidak terkendali, membuat negara yang terletak di Samudra Pasifik ini sebagai negara dengan warga paling banyak mengalami obesitas.

2. Kiribati (81,5 persen)

Akibat impor makanan olahan dari negara tetangga yang banyak mengandung lemak dan tidak sehat, membuat negara termiskin di dunia ini menduduki posisi kedua sebagai negara yang memiliki banyak penduduk yang gemuk.

3. Amerika Serikat (66,7 persen)

Negara adikuasa ini memang warganya sangat gemar menyantap olahan makanan instan yang banyak mengandung lemak, bahkan sejak tahun 1960-an, 24 persen warga Amerika Serikat sudah mengalami overweight. Kini jumlahnya terus meningkat, hingga 2 dari 3 warganya bisa dikategorikan obesitas. Di negara ini pun sering diadakan kontes adu makan terbanyak yang didukung oleh pemerintah setempat.

4. Jerman (66,5 persen)

Negara yang memiliki peran penting di benua Eropa ini ternyata masuk dalam salah satu negara paling gemuk. Tak heran jika Jerman masuk kategori ini, karena warganya cukup dikenal dengan budaya minum bir dan makan masakan berlemak. Pemerintah negara Jerman menyediakan buah dan sayur sebagai cemilan gratis untuk anak sekolah, agar dapat mengontrol jumlah warganya yang gemuk.

5. Mesir (66 persen)

Sejak tahun 1980, jumlah penderita obesitas di Negeri piramida ini kian bertambah, karena di negara ini sangat gemar memakan makanan berlemak olahan dari daging yang dapat menimbun lemak dengan cepat yang mengakibatkan obesitas.

6. Republik Bosnia-Herzegovina (62,9 persen)

Negara yang rata-rata penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan ini ternyata masuk dalam daftar banyaknya penduduk merak yang mengalami masalah kegemukan. Pemicunya antara lain diet yang tidak sehat, ditambah dengan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Republik Bosnia masuk dalam urutan ke enam dengan penduduk gemuk terbanyak di dunia.

7. Selandia Baru/New Zeland (62,7 persen)

Di negara yang menjadi penghasil wol ini ternyata memiliki warga yang banyak mengalami obesitas. Hal ini dipicu karena kebiasaan menonton televisi sambil negmil sejak kecil dan jarangnya mereka berolah raga. (zul)