Ini Cara Bayi Berkomunikasi

Getty Images
Getty Images
Getty Images

POJOKSATU – Dunia nampak indah karena kita bisa menikmatinya dengan indra penglihatan kita. Tanpa mata, maka semua dunia terasa gelap dan hampa. Mata adalah indera yang sangat dibutuhkan bagi semua manusia.

Tak terkecuali pada seorang bayi, mata begitu berperan penting untuk bayi dalam berkomunikasi dengan orang disekitarnya.

Faktanya, bayi berusia 12 bulan keatas mengandalkan indera pengelihatannya ini untuk berkomunikasi dengan keluarganya, terutama dengan orangtuanya.

Bagi seorang bayi, tatapan mata lebih penting dibandingkan gerakan tubuh yang dilakukan orangtuanya dalam berkomunikasi dengannya.


Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Washington, Seattle, AS menemukan bahwa bayi lebih sering memperhatikan tatapan mata dibandingkan dengan gerakan tubuh.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Rechele Brooks ini telah melakukan uji coba pada bayi-bayi dengan menarik perhatian mereka menggunakan gerakan kepala dengan mata tertutup dan yang lain dengan mata tetap terbuka. Ternyata, saat hal itu dilakukan dengan mata terbuka, bayi yang tertarik jumlahnya lebih banyak.

Maka itu, bunda haruslah lebih sering menatap si kecil agar si kecil bisa melakukan kontak melalui mata dengan anda, dan bisa banyak belajar dari anda. (zul)