Berawal dari Persahabatan, 5 Juta Lubang Biopori Siap Selamatkan Jakarta

Bogor sahabats. dok: Radar Bogor
Bogor sahabats. dok: Radar Bogor
Bogor sahabats. dok: Radar Bogor

POJOKSATU – Banyak orang membicarakan peran serta Bogor dalam mengatasi banjir yang kerap melanda Ibu Kota. Bahkan, beberapa orang yang peduli pada lingkungan membuat suatu komunitas untuk “Selamatkan Jakarta”, yaitu Bogor Sahabats atau Bobats.

Awal berdirinya komunitas ini bermula dari satu grup informal, grup yang terdiri dari 10 sahabat ini memanfaatkan Black Berry Masenger (BBM) untuk berkomunikasi internal, lantas karena pedulinya pada sesama, grup ini membuat gagasan untuk “Selamatkan Jakarta”. Jumlah anggota grup pun bertambah 30 orang setelah berpindah aplikasi menggunakan whatsapp messanger untuk berbagi informasi grup.

Grup yang anggotanya terdiri dari bberapa pengusaha besar, beberapa CEO, pengusaha menengah, pengusaha kecil, para rektor, sejumlah guru besar, akademisi, aktivis pemuda, eksekutif perusahaan swasta, perwira-perwira TNI dan Polri, kiai, habib, dan wartawan.

Guntur Santoso, Harlan Bengardi, Prof Imam Soeseno, Hazairin Sitepu, Gatut Susanta, Andre Pulungan antara lain  adalah pentolah Bobats yang produktif memberi warna pada grup ini.  Bima Arya Soegiarto (walikota Bogor) juga bagian dari keluarga Bobats. Saat ini, anggota Bobats mencapai 100 orang.


Seperti dilansir dari Radar Nogor (Grup pojoksatu.id), grup ini menggagas gerakan “Lima Juta Lubang Biopori”, yang awalnya dimulai di sekitar lingkungan Graha Pena, Taman Yasmin, kemudian Baranang Siang Indah (BSI), dan selanjutnya sudah diikuti oleh beberapa sekolah, Kodim, Denpom dan lain-lain. Danrem 061, Kolonel Inf Fulad bahkan sudah memerintahkan semua Kodim di wilayah kerjanya untuk ikut dalam gerakan biopori ini.

Untuk tahap pertama Bobats merencanakan membuat lima juta lubang di wilayah Bogor kota dan kabupaten. Jika lima juta sudah terpenuhi, maka pertengahan atau akhir tahun ini akan melanjutkan dengan gerakan lima juta biopori berikutnya. (zul)