Mantap, Wisata Air Ramah Lingkungan

NUANSA ALAM: Waterboom Lippo Cikarang menawarkan berbagai wahana air dengan nuansa pedesaan di Bali. YUSUF/RADAR BEKASI
NUANSA ALAM: Waterboom Lippo Cikarang menawarkan berbagai wahana air dengan nuansa pedesaan di Bali. YUSUF/RADAR BEKASI

POJOKSATU – Boleh dibilang Waterboom Lippo Cikarang merupakan pelopor wisata air di Indonesia. Berdiri di atas lahan seluas 3,4 hektar dan diposisikan sebagai sarana rekreasi bernuansa Bali. Taman wisata air besutan Lippo itu mampu menampung 4.600 pengunjung. Dan seiring berjalannya waktu, Waterboom Cikarang dikenal sebagai taman wisata air yang memiliki lingkungan teduh.

Sales Manager dan Marketing Waterboom Cikarang, Dewi Nawang Saru mengungkapkan, tempat wisata ini menawarkan wahana permainan air yang lengkap, mulai dari kolam dewasa sedalam 1,5 meter, kolam untuk anak-anak sampai dengan kolam arus. Kolam dewasa dilengkapi dengan jaring untuk bermain voli air dan papan seluncur air yang menantang adrenalin. Untuk kolam anak-anak, ada miniatur perahu dan papan seluncur mini yang tak kalah seru. ’’Tempat rekreasi air ini dibangun dengan konsep dan lanskap alam pedesaan Bali yang asri, dan terdapat rimbunan pepohonan, juga menawarkan berbagai macam wahana air,” ucapnya.

Menurut Dewi, nuansa pedesaan di Bali terlihat mulai dari bangunan berbahan kayu dan dekorasi bergaya Bali sampai jenis pepohonannya, misal kelapa. Suasana Bali semakin kental dengan alunan gamelan di area tersebut.

Saat berada di wahana air ini, banyak permainan yang lain seperti berseluncur di Pita Debar-debar untuk dapat merasakan sensasi meluncur di atas ban dari ketinggian 17 meter. Jalurnya berkelok-kelok sejauh 230 meter sebelum akhirnya ‘menghantam’ air air kolam yang dingin.


Ada juga Pita Gurita, wahana peluncur air lain yang berdampingan dengan Pita Debar-Debar. Bedanya, Pita Gurita berseluncur tanpa ban. Kedua peluncur bermuara di kolam arus dengan air dingin, Buaian Apung-Apung.

Selain bersantai di air atau mencoba aneka permainan di luar ruangan, taman wisata air ini juga menyediakan fasilitas rekreasi dan edukasi berbasis lingkungan, yakni Taman Eco Friendly dan tempat relaksasi di Aqua Spa. Fasilitas kian lengkap dengan adanya wahana teater empat dimensi (4D).

Sambil menikmati aneka aktivitas air, di Waterboom Lippo Cikarang juga ada beberapa tempat makan, antara lain pujasera di dekat Aqua Spa dan Taman Eco Friendly. Untuk menikmati menu khusus, masuk  ke Bebek Bali Resto-Cafe-Gallery di dekat kolam ceria. Restoran berdekorasi Bali itu menyediakan beragam makanan berbahan daging bebek muda atau ayam.

Seperti harga tiket masuk pada wahana air yang lain, di Waterboom Cikarang justru menawarkan untuk kelas menengah ke bawah, yaitu harga tiket masuk yang dibandrol Rp60 ribu untuk weekday dan Rp95 ribu untuk weekend. Hal ini dilakukan untuk bisa menjaring semua kalangan. ’’Ya seperti wahana lain kita juga sering melakukan promo untuk menarik pengunjung,” pungkasnya. (dho/zul)