Hilangkan Trauma Dengan Terapi Ini

Foto: Angger Bondan/Jawa Pos
Foto: Angger Bondan/Jawa Pos
Foto: Angger Bondan/Jawa Pos

POJOKSATU – Trauma dan keteganganyang terpendam bisa ditumpahkan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui self healing tanpa menggunakan pengobatan dari luar tubuh.

Pelatihan untuk menguras keteganganyang terpendam itu bernama tension and trauma releasing exercise (TRE). Instruktur TRE Hindra Gunawan Senin (2/2) memperagakan gerakannya bersama sekitar 30 orang di salah satu sanggar yoga dan pilatesdi kawasan Bukit Darmo.

Menurut Hindra, bagian-bagian tubuh manusia bisa menjadi tempat penahan emosi dan trauma. Emosi yang terpendam dan menumpuk riskan berakibat buruk pada tubuh. ’’Ketika orang marah dan trauma, mereka memendamnya pada bagian-bagian tubuh. Karena itu, kadang ada tubuh yang merasa sakit dan pegal,’’ jelasnya.

Pria yang belajar langsung dari founder TRE David Berceli PhD itu mengatakan, kaidah TRE hampir sama dengan mandi. ’’Ini murni tubuh sendiri yang melakukannya, tubuh sendiri yang menerapinya,’’ ungkapnya.


Hindra menambahkan, tujuh gerakan TRE diibaratkan sebuah perjalanan menuju ketenangan. Gerakan terakhir adalah gerakan terpenting TRE. Sebab, tubuh akan bergerak sendiri dalam keadaan sadar. ’’Pada titik itu, gerakan spontan dalam keadaan sadar merupakan gambaran sebuah emosi dan trauma yang terlepas dari dalam tubuh,’’ imbuhnya.

Salah seorang peserta pelatihan Tehmine Vancolen mengatakan bahwa emosi dan dendam di dalam tubuhnya terasa lenyap. Perempuan asal Kanada tersebut tidak menyangka respons tubuhnya terhadap emosi yang dipendamnya selama ini. ’’Very interesting and fascinating,’’ ungkapnya saat ditemui Jawa Pos (Grup pojoksatu.id) kemarin (2/2).

Peserta lain, Khanis Suvianita, menjelaskan bahwa rangkaian gerakan TRE seakan membawanya mundur ke pengalaman masa lalu. Psikolog tersebut mengatakan, dirinya seperti melihat kehebatan tubuhnya berjuang dan bertahan atas segala trauma dan emosi selama ini. ’’Tubuh kita adalah dokter untuk kita sendiri,’’ katanya. (rid/c7/nda/zul)