Indahnya Wisata Kota Tua di Jerman

kota Leipzig, Jerman. dok: Rangga/pojoksatu.id
kota Leipzig, Jerman. dok: Rangga/pojoksatu.id
kota Leipzig, Jerman. dok: Rangga/pojoksatu.id

POJOKSATU – Jerman, negeri yang dikenal dengan keunikan kotanya yang masih belum tersentuh oleh arsitektur modern. Di negara teknologi modern ini kita bisa menikmati beragam keindahan bangunan bersejarah dan kuliner khas Jerman

Jika mengunjungi negeri ini, maka jangan lupa mengunjungi Ibu kota negara, yaitu Berlin. Terletak di bagian timur laut Jerman dan dialiri Sungai Spree, kota ini merupakan pusat dari Kawasan Metropolitan, yang berpenduduk sekitar 4,5 juta orang yang berasal lebih dari 180 negara.

Di Jerman, Bratwurst merupakan jenis makanan favorit. Bratwurst terbuat dari daging sapi atau daging babi yang dibuat seperti sosis, lalu disajikan bersama roti dengan panjang mulai dari 20cm hingga 50cm. Makanan ini menjadi makanan favorit bagi orang Jerman karena selain rasanya yang enak juga harganya yang murah dan mudah didapatkan dimana saja. Makanan ini dibanderol perporsi seharga 1,5 atau setara dengan Rp 25.000.

Namun, makanan lain yang lebih favorit di German adalah doner durum yang terbuat dari kombinasi daging sapi muda, ayam, kubis merah, kubis hijau, irisan bawang bombay, saus bawang putih dan saus thousand island, dibungkus dengan roti tawar turki yang tipis. Perporsi dijual dengan harga 3 atau setara dengan Rp 50.000, ini merupakan makanan tersehat kedua di dunia versi WHO.


Di Jerman kota paling digemari oleh para turis adalah kota Munich. Kota ini terletak dekat sungai Isar dengan penduduk 1,3 juta jiwa. Kota ini adalah kota terbesar ketiga setelah Berlin dan Hamburg.

Kota Munich menyuguhkan pemandangan katedralnya dengan latar belakang pegunungan Alpens, yang dihiasi dengan rumah-rumah tradisional di lereng gunung. Untuk berkunjung ke kota ini, memerlukan waktu sekitar 6 jam menggunakan kereta cepat dari Berlin.

Jerman juga memiliki wisata kota yang mirip dengan kota Paris, Prancis yaitu kota Leipzig, terletak di jalur perdagangan utama di Jerman. Kota ini memiliki beberapa peran penting dalam ekonomi Jerman. Leipzig juga merupakan pusat perbankan terbesar kedua di Jerman setelah Frankfurt am Main.

Namun, jika anda menginginkan pemandangan kota yang asri, anda bisa berkunjung ke kota Dresden, dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota Berlin dengan menggunakan kereta antar kota.

Di kota ini memiliki keunikan dalam arsitektur bangunan kota, dan di kota inilah arsitektur bangunan kota tua (Allstadt) dan modern bertemu. Kota dengan jumlah penduduk sekitar 1.400 jiwa ini memiliki berbagai keindahan alam mulai dari pusat kota hingga ke bagian pingiran kota Dresden. (zul)