Ini Manfaat Dibalik Bau Petai yang Menyengat

Ilustrasi Petai. Foto istimewa

POJOKSATU – Petai, banyak orang sangat menggemari makanan ini mentah atau dalam olahan makanan, seperti petai rebus, lalap petai bakar, sayur petai, pepes petai, atau sambelan petai. Namun, beberapa orang tak suka dengan baunya yang sangat mengganggu. Dibalik rasanya yang lezat dan baunya yang menyengat, petai ternyata kaya akan manfaat. Ini adalah manfaat petai:

Biji petai atau petai memang enak rasanya, hanya bau yang terlalu tajam saja yang menjadi kendala. Beberapa negara percaya khasiat biji petai untuk tujuan kesehatan, seperti mengatasi diabetes, hipertensi dan gangguan ginjal. Kandungannya cukup kaya, termasuk vitamin dan mineral.

Ekstrak biji mengandung senyawa golongan polifenol, fitosterol dan flavonoid. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas antioksidan biji yang yang baik. Khasiat Penurunan gula darah ditimbulkan melalui kerja senyawa betasitosterol, stigmasterol dan stigmast-4-en-3-one. Senyawa polisulfida mempunyai aktivitas antibakteri, sementara senyawa tiazolidine ditengararai mempunyai khasiat anti kanker.

Karena itu, Anda boleh mengonsumsi biji petai, yang ternyata baik untuk kesehatan. Syaratnya tentu pemakaian secara teratur agar tidak saja kita nikmati rasa, tetapi juga manfaatnya. Kalau tidak ingin terganggu baunya, maka tentunya Anda perlu mengurangi jumlah yang dikonsumsi.


Prof Dr Mangestuti Agil MS Apt

Guru Besar Departemen Farmakognosi dan Fitokimia

Fakultas Farmasi Universitas Airlangga