Waspada, Menjemur di Dalam Rumah Akibatkan Penyakit Ganas

Ilustrasi menjemur pakaian di dalam rumah. Foto: dok. tosupedia
Ilustrasi menjemur pakaian di dalam rumah. Foto: dok. tosupedia
Ilustrasi menjemur pakaian di dalam rumah. Foto: dok. tosupedia

POJOKSATU- Ketika musim penghujan seperti ini, banyak orang yang menjemur pakaiannya di dalam rumah, namun tahukah jika hal itu adalah hal yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Mengapa bisa seperti itu?

Hal ini terjadi lantaran pakaian yang dijemur di dalam ruangan bisa meningkatkan kelembaban dalam ruangan hingga 30 persen. Udara lembab juga memicu perkembangbiakan Aspergillus Fumigatus, spora jamur yang bisa menyebabkan infeksi pada paru-paru.

Menurut Profesor David Denning, sebagian besar orang mungkin akan kebal terhadap jamur yang tumbuh dalam kondisi lembab atau tubuhnya bisa melawan infeksi. Tapi hal yang sama tak berlaku untuk penderita asma dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Pakaian basah mengandung hampir 2 liter air yang dilepaskan ke dalam ruangan. Hal ini dapat menakibatkan gangguan infeksi serius pada paru-paru.

“Pada penderita asma bisa batuk-batuk dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah seperti pasien kanker yang menjalani kemoterapi, pasien AIDS dan orang yang memiliki penyakit auto imun, bisa terkena aspergillosisoo paru,” tutur Denning yang juga pakar dari National Aspergillosis Centre di Manchester.


Jamur Aspergillus selama ini dikenal bisa mengganggu tenggorokan, menyebabkan sinus, menbahayakan paru-paru, hingga menyebabkan batuk darah.

Pakaian basah sebaiknya dikeringkan di luar rumah atau gunakan mesin pengering. Namun, jika anda terpaksa harus menjemur pakaian di dalam rumah, maka pilihlah tempat yang jauh dari kamar tidur dan ruang tamu. (zul)