Hal yang Sering Terjadi pada Payudara Ketika Menyusui

menyusui, menggendong bayi
ilustrasi
menyusui, foto: womenshelath
menyusui, foto: womenshelath

POJOKSATU – Bagi beberapa wanita, menyusui bisa membuat jaringan di payudara padat. Selain itu, lemak dan jaringan ikat di payudara bisa berpindah. Akibatnya, bentuk dan ukuran payudara bisa berubah.

Puting juga tidak kebal terhadap perubahan. Hormon kehamilan bisa membuat payudara menonjol jika menyusui. Namun, hormon itu bisa membuat payudara mengecil ketika berhenti menyusui. Semakin sering menyusui, payudara akan semakin mengendur.

“Hal itu sebenarnya benar-benar normal pada saat Anda menyusui. Tubuh mempersiapkan perawatan untuk sementara yang tentunya akan memengaruhi bentuk dan ukuran payudara wanita,” kata ahli kesehatan Jennifer Wider, MD, seperti dilansir laman Women’s Health Magazine.

Hormon-hormon progesteron, estrogen dan oksitosin merangsang kelenjar susu payudara yang memungkinkan Anda untuk menyusui setelah bayi lahir.


“Karena payudara dapat tumbuh, kulit sekitar payudara bisa melebar. Setelah seorang wanita berhenti menyusu maka payudara akan menyusut ke ukuran sebelum hamil,” tegas Wider. (fny/jpnn)