Bernyanyi di Kamar Mandi Bisa Mendatangkan Penyakit

mandi nyanyi. Foto: Istimewa
mandi nyanyi. Foto: Istimewa
mandi nyanyi. Foto: Istimewa

POJOKSATU – Banyak dari kita yang sering sekali bernyanyi di dalam kamar mandi, namun tahukah anda bahwa bernyanyi di kamar mandi berpotensi mendatangkan berbagai macam penyakit? Mengapa demikian? Inilah penjelasannya.

Tak dapat dipungkiri fakta kamar mandi selain sebagai tempat untuk membersihkan diri, ternyata kamar mandi juga merupakan tempat bersarangnya dan berkembangnya berbagai macam bakteri berbahaya. Banyak orang yang tak menyadari bahwa ancaman dari kontaminasi bakteri, virus dan jamur dari kamar mandi yang dalam keadaan bersih sekalipun tak dapat dihindari karena perkembangan mikroorganisme yang tidak dapat terlihat secara kasat mata.

Untuk dapat membelah, bakteri membutuhkan waktu 20 menit hingga 20 jam dalam proses reproduksi. Dalam waktu empat jam bakteri sudah membelah sebanyak satu milyar. Lalu apa yang akan terjadi dengan orang-orang yang suka bernyanyi saat mandi?

Ketika bernyanyi itu akan mempermudah masuknya mikroorganisme tersebut ke dalam tubuh manusia, karena saat bernyanyi manusia sering membuka mulutnya untuk mengeluaran suara atau nada.


Mikroba yang hidup di kamar mandi diantaranya adalah:

1. Virus Gastrointestinal

Virus ini adalah virus yang sering menyebabkan sakit perut pada manusia. Virus gastrointestinal sangat mudah berpindah dan akan menumpuk di bagian permukaan kamar mandi. Philip M Tierno, Jr., Ph.D, direktur klinik mikrobiologi dan diagnostik di Rumah Sakit Tischh, New York University Medical Central mengatakan bahwa selain bakteri, ada virus yang berkembang di kamar mandi yang menyebabkan sakit pada perut.

2. Pathogen enteric

Mikroba jenis iniĀ  dapat menyebabkan penyakit diare dengan darah pada feses manusia. Bakteri-bakteri tersebut bisa tersebar akibat tidak mencuci tangan setelah beraktivitas di kamar mandi dan memegang benda-benda yang berpotensi terkontaminasi bakteri atau virus.

3. Staphylococcus aurea

Bakteri staphylococcus aurea atau dikenal dengan bakteri staph yang menyebabkan penyakit kulit dan pernapasan.

4. Dermatophitic fungi

Adalah bakteri jamur yang biasanya menempel pada kulit langsung, terutama saat bertelanjang kaki di lantai kamar mandi. Dapat menyebabkan jamur yang tumbuh di kaki dan bau pada kaki. Sejenis bakteri yang menyebabkan infeksi dan kebal terhadap semua antibiotik.

5. Aneka jamur dan lumut

Jamur dan lumut dapat segera tumbuh subur di lingkungan yang lembab, dan kamar mandi adalah tempat bakteri mudah untuk berkembang biak. Bersihkanlah kamar mandi dengan desinfektan serta memberikan ventilasi yang cukup agar kamar mandi tidak terlalu lembab. Jangan lupa pula untuk selalu mencuci tangan dengan sabun agar terhindar dari kontaminasi bakteri jahat. (zul)