Aneka Kue Cantik Bertabur Wijen

Foto: Yuyung Abdi/Jawa Pos
Foto: Yuyung Abdi/Jawa Pos
Kue wijen. Foto: Yuyung Abdi/Jawa Pos

POJOKSATU – Wijen mudah dikombinasikan dengan bahan lain dan diolah menjadi bermacam-macam masakan. Kudapan yang paling populer menggunakan wijen adalah onde-onde. Kali ini, selain onde-onde, chef Roger Tay membagikan dua resep menu masakan serbawijen. Yakni, udang goreng wijen saus lemon dan kue dadar china.

Pengolahan wijen dalam masakan sangat sederhana. Wijen yang telah dikeringkan dicuci hingga bersih, kemudian diolah dengan bahan masakan lain. Menurut chef Roger, dalam sebuah masakan, wijen khas diolah menjadi pemanis dan pelezat lapisan kulit. Agar bisa melekat pada kulit sebuah masakan, wijen harus ditempelkan.

Cara menempelkannya cukup mudah. Adonan yang sudah siap dicelupkan ke dalam putih telur. Tidak perlu menunggu lama, wijen dapat langsung ditaburkan merata di lapisan kulit adonan tersebut. ’’Memang, putih telur sangat cocok sebagai ’lem’ perekat wijen pada kulit sebelum digoreng,’’ terang executive chinese chef Mercure Hotel Surabaya tersebut.

Khusus untuk onde-onde, chef Roger menyarankan memakai air sebagai perekat biji wijen dalam adonan. Hal itu berbeda dengan dua menu lain yang menggunakan putih telur. Tepung beras ketan dalam lapisan kulit onde-onde bertekstur lebih lengket daripada tepung terigu. Karena itu, penggunaan putih telur sudah mampu menjadi perekat biji wijen pada lapisan kulit. Hal itu, imbuh dia, digunakan agar kulit onde-onde tidak mudah gosong. Tampilan pun lebih menarik.


Karena harus menggunakan perekat, wijen lebih sesuai digunakan sebagai bahan masakan goreng jika dibandingkan dengan menu rebus. Dengan begitu, cita rasa khas dari biji wijen tersebut dapat keluar.

Dari segi rasa dan fungsi, wijen putih memiliki kesamaan dengan wijen hitam. Hanya, ukuran biji wijen putih lebih kecil kalau dibandingkan dengan biji wijen hitam. Karena itulah, menurut chef Roger, tampilan menu masakan lebih cantik jika memakai biji wijen putih.

Bukan hanya itu. Biji wijen putih juga lebih mudah didapat ketimbang biji wijen hitam. Umumnya wijen hitam diolah menjadi bahan kecantikan. Misalnya, untuk masker wajah dan sampo.

Saat proses menggoreng, Roger menyarankan penggunaan api kecil. Tujuannya, menciptakan kematangan masakan yang sempurna. Otomatis, hal tersebut membutuhkan waktu lebih lama. Hasilnya tentu sepadan lantaran akan tercipta tampilan masakan yang menggoda. (bri/c14/nda/zul)