6 Daftar Makanan yang Ampuh Bakar Kalori

Berry
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Terlalu banyak asupan kalori dalam tubuh akan memicu kelebihan berat badan. Beberapa orang mengatasinya dengan melakukan program diet. Olahraga rutin minimal dua kali seminggu juga dapat membantu membakar kalori dalam tubuh.

Namun, selain berolahraga, Anda juga perlu mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk membantu membakar kalori. Berikut ini daftar makanan yang bisa membantu Anda dalam membakar kalori di dalam tubuh.

1. Telur

“Telur adalah protein super. Mereka mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk berkembang. Telah terbukti berulang kali bahwa orang yang makan telur saat sarapan merasa kenyang lebih lama, mengurangi konsumsi kalori harian mereka secara keseluruhan dan menurunkan berat badan. Studi secara konsisten menunjukkan bahwa makan kaya protein sarapan menurunkan nafsu makan sepanjang hari,” kata ahli gizi Gerard Mullin, MD, seperti dilansir laman Women’s Health Magazine.


2. Biji Chia

Chia telah digunakan sebagai makanan di Amerika Tengah dan Selatan dan di banyak budaya untuk mencegah diabetes, obesitas serta penyakit kardiovaskular. Kaya dengan lemak sehat anti-inflamasi, protein, dan serat, biji ini juga membantu memperpanjang rasa kenyang.

3. Cinnamon

Cinnamon bisa untuk pembakar lemak yang meningkatkan metabolisme dan telah terbukti untuk membantu tubuh Anda memblokir penyerapan glukosa. Selain itu, cinnamon juga bisa meningkatkan aksi insulin untuk membersihkan gula dari darah. Agen antiinflamasi juga melawan efek obesitas. Ini telah ditunjukkan untuk memperlambat pengosongan lambung yang menstabilkan gula darah dengan memperlambat transit ke usus halus.

4. Berries

Berries kaya akan polifenol yang memberikan banyak manfaat perlindungan kardiovaskular. Studi menunjukkan, senyawa ini mengurangi berat badan, menghambat akumulasi lemak, memiliki sifat antiinflamasi dan antidiabetes. Selain itu, bisa mengubah flora usus untuk menghambat pertumbuhan patogen berbahaya.

5. Jahe

Sering disebut sebagai “obat universal,” jahe memiliki sifat antiinflamasi, anti-hipertensi, kepekaan glukosa dan efek stimulasi pada saluran pencernaan. Jahe juga bisa menunda rasa lapar, membakar lemak dan dapat digunakan sebagai obat rumah untuk membantu meringankan gejala keluhan pencernaan. Di antaranya ialah sembelit, dispepsia, bersendawa, kembung, ketidaknyamanan epigastrium, gangguan pencernaan dan mual.

6. Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan yang langka mengandung sejumlah tinggi lemak sehat antiinflamasi, protein dan sejumlah serat (11 sampai 17 gram per alpukat). Minyak alpukat sangat tinggi asam tak jenuh tunggal lemak (MUFA), termasuk omega-9 asam lemak yang telah terbukti untuk menunda rasa lapar. Diet MUFA juga melindungi terhadap lemak perut. (fny/jpnn/zul)