Sembuhkan Tuli Dengan Terapi Alat Musik

bermain musik. Foto istimewa
bermain musik. Foto istimewa
bermain musik. Foto istimewa

POJOKSATU – Musik selama ini memang menjadi salah satu hal yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Musik bukan hanya sebuah hobi. Dengan musik, orang yang mengalami tuli juga bisa berharap sembuh.

Salah satunya ialah dengan memainkan alat musik. Penelitian membuktikan, memainkan instrumen bisa meningkatkan pendengaran, terutama jika Anda mengalami ketulian.

“Orang dengan gangguan pendengaran sering mengalami frustrasi dan depresi,” kata profesor neurobiologi, fisiologi dan THT Nina Kraus, seperti dilansir laman Daily Mail.

Pada 2013 lalu, Kraus mengadakan penelitian yang mencakup 18 musisi dan 19 non-musisi. Mereka berusia 45-65 tahun yang mengalami gangguan pendengaran. Dia menguji pendengaran mereka di lingkungan yang bising. Caranya ialah dengan memantau aktivitas listrik dari saraf di otak dalam menanggapi suara dengan menggunakan elektroda pada kulit kepala.


Penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Hearing Research ini menemukan, orang-orang yang memainkan alat musik ternyata lebih baik dalam mendeteksi suara terhadap latar belakang yang bising. Selain itu, mereka juga lebih oke dalam pengolahan suara dan mengingat apa yang mereka dengar.

” Saraf-saraf di otak musisi merespon lebih jelas dan tepat daripada non-musisi. Dengan belajar instrumen seseorang dapat mengembangkan keterampilan pendengaran yang meningkatkan kemampuan mendengar suara dan berbicara,” tegas Kraus. (fny/jpnn/zul)