Cegah Peradangan Dengan Makanan Ini

sayur buah, makanan sehat
ilustrasi
sayur buah. Foto: Istimewa
sayur buah. Foto: Istimewa

POJOKSATU – Banyak orang yang mengabaikan peradangan yang terjadi dalam tubuh, namun tahukah anda bahwa peradangan bisa sangat membahayakan kesehtan tubuh anda? Peradangan bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Di antaranya ialah jantung, diabetes, osteoporosis, nyeri sendi dan kanker.

Peradangan adalah ketidakmampuan sel memperbaiki diri karena rusak. Hal ini lebih disebabkan oleh banyak hal seperti pola makan yang tidak sehat.

‚ÄúPeradangan ini diyakini berkontribusi terhadap kondisi seperti penyakit jantung, diabetes dan kanker,” kata juru bicara American Academy of Nutrition and Dietetics, Alissa Rumsey, RD.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, dengan mengosumsi berbagai makanan ini, Anda bisa mencegah peradangan. Berikut berbagai makanan itu seperti dilansir laman Yahoo Health. (fny/jpnn)


1.Sayuran berwarna hijau

Bayam, kale dan brokoli mengandung kadar tinggi vitamin E yang telah terbukti untuk melindungi terhadap peradangan.

2. Buah dan sayuran berwarna

Secara umum, buah-buahan dan sayuran sangat berwarna mengandung phytochemical, apakah mereka berwarna merah, biru, ungu, kuning, hijau tua atau oranye

3. Bawang putih

Bawang putih bekerja mirip dengan obat penghilang rasa sakit yang dikenal sebagai OAINS.

4. Tahu

Sumber protein nabati seperti kedelai, kacang-kacangan yang mengandung anti-inflamasi omega-3 asam lemak.

5. Salmon

Lemak ikan ini juga memiliki kandungan omega-3 asam lemak. Pilihan ikan sehat lainnya termasuk tuna, mackerel dan sarden.

6. Chia, Flax dan benih Hemp

Berkat konsentrasi tinggi asam lemak omega-3, benih ini mampu melawan peradangan. Taburkan mereka dalam stirfries, sereal dan sup.

7. Kunyit

Rempah-rempah mengandung senyawa antiinflamasi yang sangat banyak. (jpnn/zul)