7 Tanda Dia Adalah Jodohmu

ilustrasi pernikahan
ilustrasi pernikahan © Hidayatullah
ilustrasi pernikahan © Hidayatullah

POJOKSATU – Urusan jodoh memang sudah menjadi hal yang ditakdirkan oleh Tuhan yang maha Esa. Namun, bagaimanakah kita bisa mengetahui bahwa dia adalah jodoh yang baik untuk kita? Tuhan telah menganugerahkan kita mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, akal untuk berfikir, dan hati untuk merasakan. Maka gunakanlah anugrah itu untuk memahami dengan hati apa yang dilihat oleh mata, mengerti dengan akal apa yang didengar dari telinga. Nantinya, gerak hati akan mengatakan dia adalah jodoh kita yang ditakdirkan untuk hidup bersama.

Penasaran apakah dia adalah jodoh kamu? Berikut ini informasinya bahwa dia adalah jodoh kita:

1. Berusaha dan Berdoa, Dengarkan Kata Hati

Urusan pertemuan dan jodoh sejatinya adalah hanya kehendak Tuhan, namun tanpa adanya usaha dan doa untuk menggapai jodoh, maka jodoh itupun tak akan kunjung tiba. Seperti sebuah pepatah yang mengatakan, jodoh itu dijemput bukan hanya ditunggu saja. Petuah itu tak bisa begitu saja kita abaikan, karena dalam hidup ini kita adalah pemainnya, mau bagaimana hidup kita tergantung dari apa yang kita usahakan dan tentunya dibarengi dengan doa. Terkadang, dalam hidup ini kita diberi petunjuk melalui mimpi atau firasat hati. Mimpi memang hal yang sangat mustahil, tetapi apabila kita melakukan dengan berdoa dan memohon kepada Tuhan untuk diberikan petunjuk, Suatu saat dengan izinnya kita mendapat petunjukNya. Jika hati merasa mantap, maka dia adalah jodoh kita. Namun, jika yang terjadi malah sebaliknya, rasanya hati tak jua mantap, maka bisa jadi dia bukan jodoh kita, buatlah keputusan sebijak mungkin.


2. Mampu Saling Memahami dan Menerima Apa Adanya

Jika sepasang manusia yang ditakdirkan berjodoh, pastinya dia mampu memahami diri pasangannya, memahami sikap dan mau menerima kekurangan serta kelebihan dari masing-masing. Dia akan menerima kekurangan kita, juga akan terbuka pada kekurangan dirinya, namun tak menutup kemungkinan akan merubah kekurangnannya menjadi suatu kelebihan bersama kita kedepannya. Maka, bisa dipastikan dia adalah jodohmu.

3. Dapat Menjadi Partner yang Baik

Bagi seorang insan yang ingin menikah, pastinya menginginkan berjodoh dengan pilihan yang tepat, yang cintanya kekal seumur hidup, yang akan bersama melewati lika-liku kehidupan bersama. Oleh sebab itu, dibutuhkan kerjasama yang baik dalam melakukan segala aktivitas. Segala yang dilakukan perlu keikhlasan saat membantu pasangan yang tujuannya untuk meringankan tugas masing-masing agar dapat melalui semua permasalahan bersama-sama. Hal ini mempengaruhi kehidupan kita pada masa depan bersamanya. Jika tidak ada kerjasama, sulit bagi kita hidup bersamanya, karena ketika kita menikah, maka semua beban dan tanggungjawab harus bisa dipikul bersaman-sama. Lihatlah apakah dia mampu bekerjasama dengan kita. Jika ya, maka dia adalah seseorang yang tepat jika menjadi partner hidup.

4. Mengesampingkan Egoisme Diri

Lihat pasangan anda, apakah dia selalu ingin menang setiap bertengkar dengan anda? Ataukah dia tipikal yang selalu mengalah dan berusaha untuk mencari solusi dalam setiap pertengkaran dan permasalahan? Jika dia mampu melunturkan ego dirinya, maka dia adalah jodoh yang baik untuk anda. Namun, jika dia tak pernah mau mengalah, maka dia bukanlah pilihan yang tepat. Karena sebuah pernikahan bukan hanya menyatukan dua insan yang sedang dilanda cinta, namun sejatinya pernikahan adalah tentang menyatukan sebuah perbedaan yang mampu melunturkan ego.

5. Saling Percaya

Setiap orang memiliki privasi dalam hidupnya masing-masing. Setiap orang juga pastinya memiliki rahasia hidup yang disimpan. Namun, ada saatnya rahasia ini harus dibagi sehingga dapat mengurangi beban yang ditanggung. Bagi mereka yang berjodoh, sifat saling percaya mempercayai satu sama lain timbul dari dalam hati nurani mereka masing-masing. Rasa nyaman yang muncul ketika bersama-sama, dan rasa saling percaya yang datang begitu saja mebuat kita tidak pernah merahasiakan apapun kepadanya. Maka, bisa jadi dia adalah jodoh yang tepat untuk anda.

6. Jujur dan Saling Terbuka
Kejujuran adalah hal paling penting salam sebuah hubungan. Jika tak ada kejujuran dari dirinya, atau saling tak bisa jujur kepada satu dengan lainnya, maka dia bukanlah jodoh yang pantas untuk anda. Namun jika sebaliknya, dia sangat memproriotaskan kejujuran dalam sebuah hubungan, maka dia pantas dijadikan pasangan hidup, karena bukti cinta sejati adalah dengan kepercayaan dan kejujuran.

7. Kesederhanaan Diri
Pasangan yang baik bukan dilihat dari caranya berlebihan dalam berpakaian atau bergaya hidup, melainkan dia yang sederhana walaupun hidup dengan kemewahan. Ketika dia tampil sederhana dan tidak banyak ini itu, maka dia adalah calon hidup kita yang sesuai. Jika tidak, dia mungkin bukan jodoh kita. (zul)