Terowongan Ini Jadi Tempat Selfie

underpas ini jadi tempat selfie. Foto Sofyansyah/Radar Bogor (Grup Pojoksatu)
underpas ini jadi tempat selfie. Foto Sofyansyah/Radar Bogor (Grup Pojoksatu)
Underpas ini jadi tempat selfie. Foto Sofyansyah/Radar Bogor (Grup Pojoksatu)

POJOKSATU – Ada yang menarik ‘lorong seni’ underpass di Jalan Pajajaran, Bogor, Jawa Barat. Fasilitas penyeberangan di bawah tanah ini bertambah fungsi menjadi lokasi wisata selintas. Kuncinya adalah berbagai karya seni dan kreativitas anak muda yang dipajang.

Pantauan Radar Bogor (Grup Pojoksatu), mereka yang memasuki underpass tak melulu untuk menyeberang jalan. Ada yang hanya datang untuk sekadar melihat-lihat lukisan dan karya seni yang dipajang, atau mengabadikan ‘lorong seni’ dan aktivitas para seniman. Maklum, sejak diresmikan, berbagai karya kreatif anak muda Kota Hujan dipamerkan secara bergantian.

Sejumlah karya seni yang pernah ditampilkan di ‘lorong seni’ ini adalah lukisan karya para perupa, grafitty, hingga batik khas Kota Hujan. Uniknya lagi, pada setiap pamerannya, underpass selalu memiliki tema tertentu. Misalnya pada hari pahlawan, ‘lorong seni’ memamerkan lukisan para tokoh pahlawan. Nah, kemarin, sketsa yang dipamerkan bertemakan tempat-tempat bersejarah yang ada di Kota Bogor.

Salah satu sketsa yang berukuran besar dan menjadi primadona pengunjung yakni sketsa pemandangan Stasiun Bogor. Goretan pensil itu menggambarkan stasiun lengkap dengan kereta dan para penumpang yang berdesakan.


Ada juga sketsa Istana Bogor, Tugu Kujang, Balaikota Bogor, Rusa dan banyak lainnya yang merupakan ikon khas Kota Hujan. Sketsa ini nyatanya mampu menarik perhatian masyarakat yang melewati underpass. Mereka ramai-ramai berfoto selfie.

“Bangga sih. Apalagi kalau ada tamu dari luar negeri, Pak Wali suka mengajaknya melewati underpass ini. Itu artinya underpass ini jadi salah satu kebanggan Kota Bogor,” tutur Rinanti Disah, warga Kota Bogor.

Pun dia mengaku sengaja melewati underpass itu lantaran ingin berfoto selfie bersama rekan-rekannya sepulang kuliah. Selain indah, sketsa yang ada juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai sejarah dan informasi lainnya seputar Kota Bogor.

“Kalau saya lewat sini, dan kebetulan ada ‘bule’ lewat, mereka pasti foto selfie di sini. Masa kita warga Bogor sendiri tidak ingin foto di gambar tentang Bogor yang bagus ini,” tandasnya.

Rasa bangga salah satu warga Bogor itu diamini Kepala Satpol PP Kota Bogor Eko Prabowo. Karenanya Eko berharap agar masyarakat turut menjaga dan melestarikan ‘lorong seni’ tersebut. Setidaknya dengan tetap menjaga kebersihan dan tidak melakukan vandalisme.

Di sisi lain, Eko berjanji akan terus menyiagakan personelnya untuk menjaga kawasan underpass agar terhindar dari tangan-tangan jahil dan aksi-aksi menyimpang. “Kami akan siaga. Ini kebanggaan kota, kebanggaan kita semua,” tukasnya.(rp2/ps)