Ridwan Kami Pelopori Festival Batu Akik

POJOKSATU – Demam batu akik melanda tanah air. Batu akik yang biasanya hanya diperbincangkan kalangan orang tua, kini sudah merambah anak muda. Hal tersebut membuat para perajin batu akik panen. Omset mereka berlipat ganda.

Menyadari hal tersebut, Walikota Bandung ingin memfasilitasi para perajin batu akik tersebut untuk berjualan di Kota Bandung. Caranya, Ridwan Kamil menyiapkan tempat khusus untuk berjualan batu akik.

Bahkan, pria yang akrab disapa Emil itu berencana membuat event khusus seperti culinary night. Bedanya, pasar malam ini hanya diisi oleh kerajinan-kerajinan tangan, termasuk cincin batu mulia.

“Saya sudah instruksikan untuk bikin kayak culinary night, tapi ini mah barang,” kata Emil di Bandung, Selasa (27/1/2015).


Ia menjelaskan, konsep festival tersebut akan diadakan satu kali dalam dua minggu. Pembukaan perdana pasar malam dipastikan diisi oleh perajin batu mulia.

“Namanya culinary night, tapi jualannya bukan makanan. Nah, opening event ini mungkin seperti bazar batu akik. Kemungkinan Februari jalan,” tuturnya.

Ia berharap event khusus batu mulia ini bisa dimanfaatkan oleh warga Kota Bandung, khususnya para perajin batu akik untuk meningkatkan perekonomian.

Emil mengaku senang dengan adanya barang lokal yang booming. Hal itu memicu perputaran ekonomi. Namun, Emil berpesan jangan sampai ekonomi keluarga habis ke batu akik. (one)