Demi “Nada Untuk Asa”, Acha Septriasa Positif HIV

Acha Septriasa
Acha Septriasa
Acha Septriasa

POJOKSATU – Penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) bagi sebagian orang tentu sangat menakutkan. Apalagi sampai dokter memvonis mengidap penyakit mematikan tersebut. Namun tidak demikian dengan artis cantik Acha Septriasa.

Positif mengidap HIV, ia tak langsung kehilangan semangat hidup. Justru, dia mengisi hari-harinya dengan selalu berpikiran positif. Dia terus melewati kehidupan dengan senyuman untuk melawan stigma negatif dari lingkungan masyarakat yang begitu kuat.

Beruntung, kondisi ini dialami mantan kekasih Irwansyah itu hanya dalam film terbaru yang dibintanginya berjudul “Nada Untuk Asa” yang disutradarai Charles Gozali. Di film itu, Acha berperan sebagai Asa.

“Aku berperan sebagai Asa yang memiliki masalah berat, tapi tetap bersemangat dengan pikiran-pikiran positifnya,” kata Acha di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (26/1)


Acha juga mengaku bangga mendapat peran sebagai Asa yang sejak kecil divonis positif HIV. Kebanggaan itu lantaran baru kali ini ia berani mengambil tema yang mainstream dan menggugah hati orang. Untuk dapat lebih menjiwai peran menantang tersebut, Acha tidak segan-segan untuk belajar langsung bagaimana pengidap HIV menjalani kehidupannya.

Wanita yang pernah membintangi film komedi “Mengejar Malam Pertama” itu mengaku memiliki teman yang mengidap HIV. Sepintas, kehidupannya temannya itu seperti manusia normal lainnya.

“Bedanya dia mudah terkena penyakit. Misalnya flu, lebih berat,” tuturnya.

Selain itu, Acha juga melakukan riset sendiri. Salah satunya dilakukan kepada seorang ibu yang meski telah divonis mengidap HIV, kondisinya sekarang masih segar bugar dan tetap semangat menjalani kehidupan.

“Saya mendapatkan pengalaman luar biasa,” ujar Acha bangga.(jpnn/ris/ps)