Vitamin D Tingkatkan Daya Tahan Penderita Kanker

ANTIKANKER: Sinar matahari meningkatkan ketahanan tubuh. (Daily Mail)
ANTIKANKER: Sinar matahari meningkatkan ketahanan tubuh. (Daily Mail)
ANTIKANKER: Sinar matahari meningkatkan ketahanan tubuh. (Daily Mail)

POJOKSATU – Sinar matahari yang kaya provitamin D berguna untuk meningkatkan ketahanan tubuh penderita kanker. Khususnya penderita kanker payudara, kanker usus, dan limfoma (kelenjar getah bening). Berdasar hasil sebuah penelitian, pasien kanker yang punya kadar vitamin D lebih tinggi cenderung memiliki tingkat ketahanan tubuh lebih baik. Kondisi tersebut dibandingkan dengan pasien yang kekurangan vitamin D.

Profesor Wang Hui dari Institute for Nutritional Sciences di Shanghai, Tiongkok, mengungkapkan analisis kadar vitamin D yang melibatkan 17.332 penderita kanker. ’’Hasil penelitian menunjukkan bahwa vitamin D bisa memengaruhi prognosis penderita kanker. Khususnya kanker payudara, kanker kolorektal, dan limfoma,’’ katanya. Namun, studi itu tidak berdampak pada penderita kanker paru-paru, lambung, prostat, leukemia, dan melanoma.

Wang menyatakan, kekurangan vitamin D merupakan masalah yang tersebar di seluruh dunia. Dia menganggap penting untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki tingkat kecukupan vitamin tersebut. ’’Dokter perlu memperhatikan secara detail kadar vitamin D pada pasien yang telah didiagnosis menderita kanker,’’ ujarnya. Selain pada sinar matahari, vitamin D terdapat di salmon, sarden, mackerel, dan telur. (cik/c15/nda)