Pesona Terumbu Karang di Kabupaten Tanah Bumbu

terumbu karang
BEDA DENGAN YANG LAIN: Terumbu karang di Pantai Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanah Bumbu for Radar Banjar/JPNN)

 

POJOKSATU – Pantai Angsana berada di Desa Angsana, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan. Pantai yang panjangnya sekitar 8 kilometer memiliki banyak gugusan terumbu karang yang sangat indah.

Karang Kima, salah satu gugusan karang unik yang tidak semua dimiliki gugusan karang yang lain, luasnya mencapai 10 hektare. Pengaruh pasang surut air laut mengakibatkan sebagian besar gugusan karang tersebut timbul ke permukaan air laut.

Seorang penyuluh perikanan dari Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah (BP3KPD) Kabupaten Tanbu, Eko Priyo Raharjo mengatakan jika air laut pasang surut tertinggi, kedalaman bagian karang hanya tiga meter.


Untuk bisa menikmati keindahan terumbu karang di Pantai Angsana itu, pengunjung cukup membeli paket Rp 150.000 per orang. Peserta yang mengikuti kegiatan akan mendapat sertifikat dari panitia pelaksana. ’’Biaya itu sudah termasuk biaya kapal, sewa alat snorkeling, dan sewa life jacket,’’ jelas Raharjo.

Raharjo mengatakan, tujuan kegiatan itu adalah untuk mengenal dan melihat secara langsung di lapangan gugusan terumbu karang yang ada di Angsana. Dengan mengenal dan melihat terumbu karang, tambah dia, masyarakat akan bisa membangkitkan rasa cinta terhadap terumbu karang.

’’Sehingga tergerak ikut menjaga,’’ ujar dia.

Manfaat kegiatan itu, ungkap Raharjo, selain mengenal dan melihat terumbu karang secara langsung, peserta juga akan diajari teknik menggunakan alat snorkeling yang baik dari instruktur. Wisatawan pun mendapat penyuluhan mengenai fungsi dan peranan terumbu karang. (kry/JPNN/c4/diq/ps)