Pekanbaru, Kota Surga Kuliner dan Wisata Melayu

Pekanbaru. Foto: Istimewa
Pekanbaru. Foto: Istimewa

POJOKSATU – Pekanbaru adalah ibukota Provinsi Riau. Kota yang beberapa kali menyabet prediket sebagai kota terbersih di Indonesia, ternyata memiliki objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak lupa di kota ini tersedia beraneka ragam jenis wisata budaya dan kuliner bagi para pecinta jalan-jalan dan makan.

Mudahnya sarana transportasi menuju ke Pekanbaru membuat menarik wisatawan lokal dan asing untuk berkunjung ke tempat ini, karena daerah ini memiliki bandara internasional, yaitu Bandara Sultan Syarif Kasim II, dan juga memiliki terminal bus antar kota dan antar provinsi Bandar Raya Payung Sekaki, serta dua pelabuhan di Sungai Siak, yaitu Pelita Pantai dan Sungai Duku.

Saat ini Kota Pekanbaru sedang berkembang pesat menjadi kota dagang yang multi-etnik, keberagaman ini telah menjadi modal sosial dalam mencapai kepentingan bersama untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakatnya.

Suku Minangkabau merupakan masyarakat mendominasi terbesar dengan jumlah sekitar 37,96% dari total penduduk kota Pekanbaru. Hal ini menjadikan Bahasa Minang sebagai salah satu bahasa pergaulan yang digunakan oleh penduduk kota Pekanbaru selain Bahasa Melayu atau Bahasa Indonesia.


Jika mengunjungi kota Pekanbaru, terdapat beberapa lokasi yang seharusnya anda kunjungi. Seperti Masjid Agung An-Nur, perpustakaan Soeman H.S. Perpustakaan, dan wisata Alam Mayang.

Kota Pekanbaru juga  menyediakan  cita rasa wisata kuliner khas melayu, seperti gulai ikan patin, gulai ikan baung, ikan salai, roti jala, lempuk dan pancake durian.

Selain itu, Pekanbaru juga terkenal dengan berbagai kuliner khas seperti bolu kemojo, asidah dan kue Bangkit. (zul)