Demi Aneka Ria Safari, Penyanyi Ini Rela Jadi Tua

Ikke Nurjanah. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos (grup pojoksatu.id)
Ikke Nurjanah. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos (grup pojoksatu.id)
Ikke Nurjanah. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos (grup pojoksatu.id)

POJOKSATU – Ikke Nurjanah pernah “bohong”. Dia pernah mencatut umur agar bisa tampil dalam Aneka Ria Safari, program di TVRI, yang akhirnya melambungkan namanya.

Ikke menceritakan, dirinya terpaksa melakukan hal itu karena ada batasan usia di acara tersebut.

’’Karena persyaratan muncul di Aneka Ria Safari harus berusia 17 tahun, aku terpaksa nyatut umur,’’ ungkap Ikke.

Pedangdut kelahiran 18 Mei 1974 tersebut mengatakan, saat itu usianya baru 14 tahun. Dia pun harus berdandan lebih tua daripada usia sebenarnya.


’’Rasanya senang enggak kira-kira bisa muncul di televisi meski dandananku harus dibuat lebih mature alias dituain,’’ kata pemilik nama lengkap Ikke Hartini Erpi Nurjanah tersebut.

Pemilik album Dua dalam Satu tersebut mengungkapkan, saat itu dirinya hanya berbekal nekat. Tanpa itu, mungkin karirnya di industri musik Indonesia tidak cerah. ’’Modalku nekat doang. Hasilnya? Wajahku kaku banget, aneh. Enggak ada santainya,’’ tuturnya.

Kali pertama tampil live, Ikke yang masih berusia remaja saat itu kikuk. Dia sulit berbaur dengan artis-artis lain lantaran usianya paling muda saat itu.

’’Paling kalau mau tanya-tanya, mama sebagai manajer yang membantu mencarikan informasi,’’ tutur Ikke. (jpnn/dod/c7/sof/ps)