6 Wisata Alam Indonesia yang Wajib Dikunjungi

POJOKSATU – Para pecinta keindahan alam tentu tak mudah puas dengan suguhan suasana alam yang terbilang biasa saja. Mereka lebih menyukai pemandangan yang bisa memanjakan mata mereka. Alam Indonesia tentunya memiliki berbagai keindahan yang tiada duanya di dunia. Banyak wisatawan asing yang dating ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

Berikut kami rangkum tujuh pesona alam Indonesia yang terpendam yang masih sangat alami:

1. Kabupaten Belitung Timur

Kabupaten belitung. Foto: Istimewa
Kabupaten belitung. Foto: Istimewa

Pulau Belitung atau yang dikenal dengan sebutan Negri Laskar Pelangi ini memiliki sejuta pesona alam terpendam yang menakjubkan. Keindahan alam Pulau Belitung sangat terkenal dan tidak diragukan lagi.


Keindahan pantai di pulau ini yang sangat eksotis, bahkan keindahan pantai di pulau ini tidak dapat dijumpai di daerah manapun. Selain pantai, pulau ini juga memiliki berbagai wisata lainnya seperti pulau-pulau kecil di pantainya, air terjun, vihara, juga bukit yang mampu memanjakan mata.

2. Pesona Portugis di Pulau Tidore

Pulau Tidore dikenal dengan nama; “Limau Duko” atau “Kie Duko”, yang berarti pulau yang bergunung api. Sesuai dengan namanya, Pulau Tidore memiliki gunung api tertinggi di gugusan kepulauan Maluku. Gunung “Kie Marijang” yang sudah tidak aktif lagi, dan “kie Maburu” yang hingga saat ini masih aktif.

Pesona Portugis di Pulau Tidore. Foto: Istimewa
Pesona Portugis di Pulau Tidore. Foto: Istimewa

Tidore berasal dari gabungan tiga rangkaian kata bahasa Tidore, yaitu : To adao Rahe, artinya, ‘saya mungkin (telah) sampai’. Di Pulau ini juga terdapat 2 benteng peninggalan bangsa Portugis, yaitu Benteng Tohulu dan Toware. Namun sayangnya, benteng tersebut kini hanya berupa sisa-sisa batu dan reruntuhan, tapi dari luar (pantai) terlihat jelas bentuk benteng yang luas dan gagah.

Benteng Portugis ini hancur karena diserang oleh Belanda diabad ke-17. Letak benteng ini berada dibagian Barat laut pulau Tidore. Jika anda mengunjungi pulau ini, maka mata anda akan disajikan dengan keindahan sisa-sisa bangunan indah di pulau yang menjadi bukti peninggalan zaman Portugis.

3. Pesisir Pantai Sumatera Barat

pesisir pantai sumatera barat. Foto: Istimewa
pesisir pantai sumatera barat. Foto: Istimewa

Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Selain pulau, kawasan ini juga memiliki bukit yang menawarkan panorama indah. Dibukit yang memiliki ketinggian 300 meter diatas permukaan laut ini, anda bisa melihat indahnya Kota Painan deretan pantai dari Bukit Langkisau.

4. Gunung Ijen di Banyuwangi

 

Gunung Ijen atau lebih di kenal dengan Kawah Ijen, adalah salah satu gunung yang masih aktif sampai sekarang. Memiliki ketinggian 2.443 m dari atas permukaan laut, berdinding kaldera setinggi 300-500 m.

Kawah Ijen. Foto: Istimewa
Kawah Ijen. Foto: Istimewa

Kawah Ijen merupakan danau kawah terbesar di dunia, yang bisa memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5.466 hektar. Kawah yang berbahaya ini memiliki sejuta keindahan yang sangat luar biasa, dengan danau belerang berwarna hijau toska dengan sentuhan dramatis nan elok. Danau Ijen memiliki derajat keasaman nol dan memiliki kedalaman 200 meter. Keasamannya yang sangat kuat dapat melarutkan pakaian dan jari manusia.

5. Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur

 

Disebut-sebut sebagai surganya dunia yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah obyek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawa mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.

Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Foto: Istimewa
Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Foto: Istimewa

Daya tarik wisata utama nya terletak pada pantai, pulau, terumbu karang, dan tentu saja danau ubur-ubur Kakaban nya yang sangat langka tersebut. Danau jenis ini hanya ada 2 lokasi di dunia, yakni di Kep. Derawan Indonesia dan Republik Palau.  Bahkan ubur-ubur yang ada di danau Kakaban, jauh lebih banyak di bandingkan dengan yang ada di Republik Palau.

6. Pulau Weh, Sabang.

Pulau Weh, Sabang. Foto: Istimewa
Pulau Weh, Sabang. Foto: Istimewam

Wisata Pulau Weh memiliki terumbu karang yang indah dan hidup. Salah satu tempat menarik di Aceh ini terletak di sebelah paling barat dari peta Indonesia. Pulau Weh terletak di jalur pintu masuk ke Selat Malaka, dengan demikian tak aneh Anda akan menemukan cukup banyak kapal-kapal pesiar atau kapal yacht yang lalu lalang di kawasan laut Pulau Weh tersebut. Tentu saja, ini adalah sebuah pemandangan yang cukup enak sembari menyusuri dan menikmati wisata di Pulau Weh Sabang.

Lokasi-lokasi penyelaman atau diving di Pulau Weh misalnya adalah Taman Laut yang berada di Pulau Rubiah. Di sini Anda akan menjumpai aneka satwa laut yang mengagumkan, diantaranya hiu, paus, lumba-lumba, penyu, dan pari manta.

Dari sejumlah informasi yang diperoleh, pengalaman menyelam (diving) di Pulau Weh adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Keindahan alam bawah laut Pulau Weh dapat disejajarkan dengan wisata laut Raja Ampat yang terkenal itu. Itulah sebabnya mengapa pecinta diving mendatangi tempat wisata laut ini. (zul/berbagai sumber)