Seni Mampu Bantu Anak Percaya Diri

seni anak percaya diri
Ilustrasi
Ilustrasi. Foto: Int/hammarata
Ilustrasi. Foto: Int/hammarata

POJOKSATU –¬†Hasil penelitian yang dipublikasikan lewat jurnal berjudul Seni dalam Psikoterapi, menyimpulkan bahwa seni telah mengurangi tingkat depresi dan meningkatkan kepercayaan diri anak. Penelitian di Inggris diberi nama Art Room (ruang seni, Red).

“Terapi ini bekerja bagi anak-anak dan remaja yang memiliki masalah serius dan berisiko dikeluarkan dari sekolah,” ujar Melissa Cortina, konsultan penelitian psikologis The Art Room.

Penelitian tersebut dimulai pada 2002 dengan menggandeng sekolah-sekolah. Program Art Room itu ditujukan bagi siswa yang berusia 5-16 tahun.

Mereka yang ikut program adalah siswa yang oleh gurunya dinyatakan membutuhkan dukungan emosional dan perilaku. Art Room menyediakan lingkungan kreatif serta dukungan emosional yang bisa dipelajari lewat seni.


Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang telah mengikuti program selama 10 minggu mengalami peningkatan rasa percaya diri, masalah tingkah laku, dan depresi berkurang. Para guru juga menyatakan bahwa siswa yang mengikuti program tersebut mengalami kemajuan di berbagai bidang.

Saat ini ada 9 program Art Room di sekolah-sekolah di Inggris. Sudah terdapat 10 ribu siswa yang mengikuti program itu terhitung sejak kali pertama dibuka.

“Sekali mereka (siswa, Red) menyadari bahwa mereka bisa meraih kesuksesan di Art Room, mereka bisa membawa kepercayaan diri ini ke sekolah dan kehidupan sehari-harinya,” tegas Cortina.

Sayangnya, program Art Room tersebut tidak bisa diduplikasi di rumah karena dibutuhkan pendampingan dari para ahli. (Reuters/sha/c14/tia)