Wanita, Ini Tips Jadi Istri dan Ibu yang Bekerja

Ilustrasi: wanita bekerja dan mengasuh anak. Foto: Istimewa
Ilustrasi: wanita bekerja dan mengasuh anak. Foto: Istimewa

POJOKSATU – Bukan hal yang mudah bagi istri pekerja. Padahal, saat ini sebagian besar wanita berada dalam posisi harus mendapatkan tambahan penghasilan untuk keluarga. Satu-satunya tantangan yang muncul adalah manajemen waktu.

Istri pekerja yang terlalu terlibat dengan pekerjaan sebagian besar bisa mengabaikan tugas rumah tangga. Belum lagi jika memiliki anak, jadwal pun benar-benar harus diatur.

Ada cara agar istri bisa mengatasi setiap masalah dan merencanakan hari-hari dengan cara yang lebih baik. Namun, hal yang perlu diingat adalah kerja tim itu penting. Libatkan suami Anda dalam tim. Berikut ini tipsnya:

Jaga Keseimbangan


Jagalah keseimbangan kehidupan kerja dengan tepat. Cobalah menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga karena itu sangat penting. Apabila wanita terlalu mementingkan karir, keluarga mungkin terasa terabaikan. Apabila terlalu menghabiskan waktu dengan keluarga, atasan Anda akan merasa Anda mengabaikan pekerjaan. Anda perlu mengetahui bagaimana Anda bisa memuaskan kedua belah pihak dengan efisiensi Anda. Ini butuh waktu bukan tak mungkin.

Manajemen waktu
Bagaimana menjadi istri dan ibu yang baik saat bekerja. Buatlah tabel waktu untuk setiap kegiatan harian. Ini dilakukan agar waktu yang Anda berikan tepat. Masukkan kegiatan rumah tangga Anda dan pekerjaan kantoran di dalam tabel waktu. Anda akan mendapatkan ide yang lebih baik ketika menemukan waktu yang terbuang.

Minta bantuan suami
Tak ada yang salah jika istri meminta bantuan suami Anda di dapur. Diskusikan bersama suami Anda dan berikan beberapa tugas kecil yang bisa dilakukan suami di dapur. Pada kenyatannya, ini akan membuat Anda dan suami menjadi romantis jika masak berdua.

Habiskan waktu di akhir pekan
Sebagai seorang wanita pekerja, akhir pekan menjadi satu-satunya kesempatan untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga. Tak usah membuat janji di waktu luang Anda dengan teman kantor, pastikan Anda hanya memberikan waktu Anda untuk suami dan anak-anak. Bahkan, anak-anak Anda bisa kehilangan Anda  apabila Anda pergi keluar untuk menonton film bersama teman kantor di hari Minggi. Jauhkan semua acara hanya untuk keluarga Anda. (lip/els/ps)