Ini Cara Atasi Takut Naik Pesawat

duduk di pesawat, perjalanan, traveling
ilustrasi
Foto: Daily Mail
Foto: Daily Mail

POJOKSATU – Para ahli penerbangan mengklaim pesawat terbang sebagai moda transportasi teraman dibanding lainnya. Namun, fakta menunjukkan bahwa sebagian besar orang masih takut naik pesawat.

Laman airlineratings.com mencatat, 60 persen dari populasi takut menaiki pesawat atau yang lebih dikenal dengan istilah aviophobia. Tapi ada cara untuk mengatasi ketakutan itu.

Miki Katz, ahli penerbangan yang juga pilot senior maskapai penerbangan Israel, El Al menyarankan orang-orang yang punya ketakutan saat naik pesawat untuk duduk di dekat jendela. “Kedengarannya mungkin konyol, tapi cobalah dan rasakan perbedaan duduk di dekat jendela dan lihatlah ke luar sebanyak mungkin,” katanya.

Katz menambahkan, duduk di kursi di dekat aisle (lorong panjang di tengah pesawat) yang sempit justru akan menambah perasaan hiruk-pikuk. “Karena anda melihat barisan penumpang, melihat jendela dan alam bahwa sadar anda menaikkan perasaan sempit dan penuh sesak,” katanya.


Karenanya Katz justru mendorong orang-orang yang ketakutan naik pesawat untuk melihat ke luar. “Melihat ke luar jendela justru menunjukkan ruang terbuka tanpa batas dan sebuah perasan akan udara berlimpah,” tuturnya.(ara/jpnn/ps)