Ternyata Virus Orangtua Pengaruhi Kecerdasan Anak

zodiak cerdas
Ilustrasi
Foto: Istimewa. Ilustrasi anak cerdas
Foto: Istimewa. Ilustrasi anak cerdas

POJOKSATU – Lun University, Swedia, belum lama ini mengungkapkan penemuan dari penelitian terbarunya. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa virus tak semuanya akan berakibat buruk pada manusia. Seperti halnya dengan virus yang diturunkan oleh orangtua, ternyata virus keturunan itu memiliki peran penting untuk perkembangan otak anak, juga bisa menjadi penentu kecerdasan anak.

Para peneliti sebenarnya telah lama mewaspadai adanya rectovirus yang ada dalam DNA manusia. Selama ini, virus tersebut hanya dianggap sebagai DNA yang tidak memiliki kegunaan dan fungsi serta dianggap sebagai efek samping dari evolusi manusia.

Johan Jacobsson beserta rekan-rekannya belum lama ini melakukan sebuah penelitian dan menemukan  bahwa kenyataannya virus yang ditrunkan dari orangtua ini sangat berperan penting dalam pembentukan fungsi otak pada anak. Virus ini ternyata juga mampu mengendalikan pergerakan sel kita.

“Kami telah berhasil mengamati bahwa virus ini aktif pada sel otak dan memiliki peran dalam pengaturan. Kami percaya bahwa virus ini memiliki peran dalam membuat sel otak kita bekerja dengan dinamis sesuai fungsinya Kemungkinan ini alasan mengapa m,anusia bisa berbeda-beda satu sama lainnya,” Tutur Jacobsson.


Menurut Jacobsson, hasil penemuan ini dipercaya akan bisa memberikan informasi untuk penelitian lebih lanjut mengenai penyakit otak. (zul)