Roy Suryo: Butuh Waktu Membuktikan Keaslian Foto Mirip Ketua KPK

Roy Suryo
Roy Suryo
Roy Suryo. foto: istimewa
Roy Suryo. foto: istimewa

POJOKSATU – Beredarnya Foto mesra yang mirip Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad dan wanita yang mirip Puteri Indonesia Elvira Devinamira, tentunya perlu dibuktikan keasliannya.

Untuk membuktikan kebenaran akan foto tersebut, pakar Telematika Roy Suryo mengatakan, itu dibutuhkan waktu lama. Karena saat ini sudah banyak tersedia aplikasi yang memungkinkan merekayasa sebuah foto.

Dia pun belum bisa memastikan apakah foto yang beredar itu asli atau hasil editan. Menurutnya, kasus seperti ini sebelumnya sudah banyak terjadi .

“Butuh waktu untuk mendapatkannya, apakah memang benar asli atau sekedar rekayasa,” katanya, Rabu (14/1/2015).


Lebih lanjut Roy menuturkan, untuk membuktinya harus dilakukan analisa lebih lanjut. Salah satunya adalah dengan sumber yang akurat. Hanya saja, kata Roy, kesulitan analisa ini, karena foto tersebut berupa kolase gabungan.

“Tidak boleh Analisa hanya berdasarkan sumber yang tidak benar, harus menggunakan sumber akurat,” tambahnya.

Roy mengaku sejak kemunculan foto yang diduga mirip Ketua KPK tersebut, dia mendapatkan pesan elektronik berantai dari akun tidak dikenal. Menurutnya sumber pesan elektronik tersebut tidak cukup akurat.

“Sementara memang sedang di-trace. Memang ada satu akun e-mail yang subuh tadi menebar foto-foto itu, ke hampir semua media massa, alamat e-mailnya wijayantiandini@yahoo.co.id dan kemudian diposting juga melalui Twitter @CahayaReformas1 (Meski juga dijelaskan bahwa mereka mendapatkan dari sumber akun e-mail yang sama),” tandasnya.

Sebelumnya Beredar foto mirip orang nomor satu di KPK tersebut sedang berciuman dengan wanita yang mirip Puteri Indonesia, Elvira Devinamira.

Dalam foto tersebut terlihat pria itu tengah mencium bibir Elvira Devinamira dari samping dan wanita itu juga nampak membalas ciuman tersebut.

Pada foto berikutnya, pria yang mirip Abraham Samad tersebut juga mencium pipi wanita yang mirip Elvira Devinamira.

Tentunya beredarnya foto-foto tersebut menjadi berita heboh, di tengah aksi ketua KPK tersebut yang menangkap tangan calon tunggal Kapolri Komisaris Jenderal (Komjen) polisi Budi Gunawan atas dugaan kasus korupsi rekening gendut.

Seperti diketahui saat ini Elvira Devinamira juga tengah berjuang untuk menjadi wanita nomor satu di ajang Miss Universe 2015 di Miami, Amerika Serikat. (lya)