Air Kelapa Mampu Obati DBD

Foto: Istimewa. Kelapa Muda
Foto: Istimewa. Kelapa Muda
Foto: Istimewa. Kelapa Muda

POJOKSATU – Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue yang disebarkan oleh beberapa jenis nyamuk. Demam dengue juga disebut sebagai “breakbone fever” atau “bonebreak fever” (demam sendi), karena demam tersebut dapat menyebabkan penderitanya mengalami nyeri hebat seakan-akan tulang mereka patah.

DBD adalah penyakit mematikan di lebih dari 110 negara. Setiap tahun, sekitar 50–100 juta orang terkena demam dengue. Dibandingkan dengan orang dewasa, bayi dan anak kecil yang menderita dengue lebih berisiko mengalami infeksi yang serius. Maka Jangan menganggap penyakit ini satu hal yang biasa.

“7 tahun yang lalu saat Muhammad Bana putra saya mengalami sakit Demam Berdarah. Saat itu seluruh badannya sudah muncul bercak merah seperti badannya dikerok, BAB nya pun sudah berdarah dan trombositnya tinggal 15 ribu, dia mual-mual dan muntah sampai tidak ada lagi yang bisa dikeluarkan dari perutnya,” Ujar Reflexolog, Wiwik pada pojoksatu.id Selasa (13/1/2015).

Menurut Wiwik, kondisi yang dialami putranya saat itu sudah sangat serius, dinyatakan sudah dalam stadium 2, sudah sangat kritis. Namun Ia berusaha tenang dan mencoba melakukan saran yang diberikan oleh kerabatnya untuk memberikan air kelapa dicampur madu.


“Putraku masuk hari Jumat pagi dan Alhamdulillah setelah rutin kuberi air kelapa hijau dan madu, trombositnya naik sangat pesat,” Tambahnya.

Ternyata air kelapa itu mengandung cairan isotonis yang baik untuk penderita demam dengue karena dapat mencegah terjadinya syok dengan menjaga cairan tubuh, air kelapa dapat mempercepat naiknya trombosit bagi penderita DBD dan menurunkan demam. Air kelapa protein hewani (kecuali gelatin) adalah protein lengkap, mengandung semua asam amino esensialvitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin.

Air kelapa tidak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh kita lebih baik, tetapi juga membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit, air kelapa juga dapat memperbaiki sirkulasi darah dan dikenal mampu membersihkan saluran pencernaan.

Sejak dahulu, air kelapa dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Jika Anda mengidap penyakit batu ginjal, biasakanlah minum air kelapa secara rutin. Kebiasaan minum air kelapa akan membantu memecah batu ginjal dan memudahkannya keluar dari tubuh. Segelas air kelapa akan meredakan rasa sakit akibat susah kencing.

Jika Anda masih merasa pusing karena mabuk, tak ada yang bisa memulihkannya dengan cepat selain mengkonsumsi air kelapa. Air kelapa yang rasanya lembut sangat kaya akan elektrolit dan potassium. Potassium dapat membantu tubuh mengatur tekanan darah dan fungsi organ jantung. (zul)