Trekking di Pulau Komodo

Kawasan Taman Nasional di Pulau Komodo. Foto: Internet.
Kawasan Taman Nasional di Pulau Komodo. Foto: Internet.
Kawasan Taman Nasional di Pulau Komodo. Foto: Internet.

POJOKSATU – Pulau Komodo dengan sejuta keindahan alam dan habitat hewan yang sangat terjaga kelestariannya, mampu membuat pulau ini menjadi kandidat dalam 7 Keajaiban Dunia Baru saat ini dan berhasil menjadi salah satu peserta yang memperoleh 7 suara terbanyak dalam voting. Taman Nasional Komodo didirikan pada 1980 untuk melindungi kelestarian Komodo yang merupakan habitat asli para Komodo yang tidak ada di Negara lain.

Pulau Komodo berada di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersama Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Motang dan banyak pulau-pulau kecil lainnya. Secara administratif, pulau ini berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, dan berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Komodo, binatang bernama latin Varanus Komodoensis ternyata merupakan sisa dari binatang purba yang masih hidup hingga saat ini. Kadal terbesar di dunia dengan panjang sekitar 3 meter dan berat mencapai 90 kg ternyata jumlahnya diperkirakan hanya tinggal 2500 ekor.
Komodo memiliki 60 jenis bakteri yang sangat berbahaya di air liurnya.

Binatang berdarah dingin ini ternyata sangat membutuhkan sinar matahari pagi, sekitar pukul 07.00-10.00 WITA. Musim Kawin Komodo terjadi antara bulan Juli – Agustus, setelah dua bulan berlalu masuklah pada musim bertelur. Komodo hanya menghasilkan 30 telur, namun hanya sekitar 5-10 telur yang bisa bertahan hingga menetas.


Pulau Komodo tak hanya berisi binatang komodo, Selain komodo, ada banyak binatang lain yang menghuni pulau ini seperti kuda, rusa, berbagai spesies burung, ular, biawak dan masih banyak lagi. Salah satu cara untuk menikmati pulau ini adalah dengan melakukan trekking. Anda bisa melihat binatang-binatang tersebut saat trekking di Pulau Komodo.

yang anda ikuti akan melewati jalur pendakian Gunung Ara dengan ketinggian 538 meter di atas permukaan laut. Anda juga akan diajak melewati Water Hole yang merupakan tempat minum dan beristirahat komodo. Anda bisa melihat komodo-komodo yang sedang minum atau berteduh di bawah pohon di sekitarnya.

Untuk anda pecinta traveling dan adventure, maka pilihan untuk mengunjungi Pulau Komodo adalah hal yang sangat tepat. (zul)