Cara Siasati Sifat Konsumtif

Foto: Istimewa. Ilustrasi
Foto: Istimewa. Ilustrasi
Foto: Istimewa. Ilustrasi

POJOKSATU – Menjadi seorang mahasiswa yang harus hidup di rumah kost dan jauh dari keluarga, membuat sebagian mahasiwa harus pandai mengatur keuangan sendiri.

Kendala dalam hal ini adalah sulitnya mengatur keuangan dalam kondisi lingkungan dengan budaya konsumtif yang tinggi, membuat anda juga mengikuti pola konsumsi yang tak bisa dikendalikan, menjadikan ke khawatiran diri ketika uang bulanan tak cukup membiayai hidup hingga akhir bulan.

Namun, anda tak perlu risau lagi untuk mengatur keuangan bulanan anda yang biasanya terlalu boros. Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk menyiasati sifat konsumtif anda.

Inilah beberapa langkah yang wajib anda lakukan untuk mengelola keuangan anda:


1. Mencatat Kebutuhan Bulanan

Mulailah menuliskan seluruh kebutuhan yang anda perlukan selama satu bulan di buku catatan pengeluaran anda, prioritaskanlah kebutuhan pokok anda terlebih dahulu, seperti trasnportasi, biaya makan, mencuci pakaian, sewa kamar kost, dan kebutuhan membeli perlengkapan kuliah.

2. Buatkan Amplop Pendanaan

Setelah mencatat semua kebutuhan pokok pribadi, perkirakanlah berapa biaya yang harus disiapkan untuk masing-masing kebutuhan, lalu masukkan ke dalam amplop-amplop yang dituliskan dengan judul amplop dari masing-masing kebutuhan, misal amplop “uang makan”, amplop “uang transportasi”, dan sebagainya.

3. Gunakan Uang dengan Bijak

Setelah memisahkan masing-masing uang kebutuhan ke dalam sebuah amplop, maka gunakanlah sebijaksana mungkin agar pengeluaran anda sesuai dengan yang telah disiapkan.

4. Wajib Menabung

Setelah merasa kebutuhan pokok sudah cukup dan terpenuhi, maka sisihkan sebagian uang anda untuk menabung, agar jika ada keperluan mendesak anda bisa mengunakannya.

Itulah beberapa hal yang harus anda coba untuk mengurangi sifat konsumtif, namun sejatinya kunci Keberhasilan untuk mengurangi sifat konsumtif itu sendiri ada pada kesadaran diri anda sendiri, maka bijaksanalah dalam menggunakan uang. (zul)