Pingin Gemuk Wajib Ikut Diet

Ilustrasi
Ilustrasi. FOTO: getty images
Ilustrasi. FOTO: getty images

 

POJOKSATU – Berbeda dengan orang yang berharap dapat menurunkan badan, ada pula orang yang kesulitan menambah bobot tubuhnya. Diet, ternyata tak sekadar untuk orang-orang yang ingin menurunkan badan. Karena ada juga diet khusus bagi orang yang ingin menambah berat badannya.

 

Menurut ahli gizi Resianti Datunsolang, sama seperti orang yang ingin menurunkan berat badan, pola makan bagi orang yang memiliki tubuh kurus juga harus diatur. Serta dilakukan dengan cara yang sehat. Tidak dengan cara instan, seperti meminum obat-obatan penambah berat badan.


 

“Bila untuk orang yang memiliki berat badan ideal, porsi makan per hari sekira 2000-2500 kalori, maka porsi makan bagi yang ingin menaikkan berat badan juga harus ditambah. Namun, sebelumnya harus disesuaikan dengan tinggi dan berat badan, serta aktivitas sehari-hari,” jelas ahli gizi dari Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Atma Husada Mahakam Samarinda dilansir Kaltim Post (Grup pojoksatu.id).

 

Penambahan berat badan yang sehat, lanjut Resianti memerlukan makanan tinggi kalori namun tetap kaya gizi. Bukan makanan tinggi kalori tapi kosong, seperti makanan yang mengandung banyak lemak atau gula.

 

“Kalau hanya mengonsumsi banyak kalori kosong seperti minuman ringan, permen, dan keripik memang cepat menambah berat badan, tapi cara tersebut tidak sehat,” ujarnya.

 

Namun sayang, ada sebagian orang yang memiliki tubuh kurus memiliki nafsu makan yang juga rendah. Berbeda dengan orang yang bertubuh lebih besar, orang kurus dapat lebih lama kenyang dan menahan lapar. Bila memang tidak sanggup makan dalam porsi lebih, Resianti menganjurkan makan lebih sering.

 

“Makan sesuai porsi tapi waktunya lebih sering. Lima sampai enam kali dalam sehari. Jangan lupa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin, mineral, serta nutrisi dari sayur dan buah,” terangnya.

 

Jangan lupa juga melengkapi gizi dengan minum susu, bagi orang kurus hindari meminum susu rendah lemak. Karena itu tidak akan berarti apa-apa dalam program menaikkan berat badan. (*/ni/het/k8/ps)