Cara Tingkatkan Kualitas Tidur

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa. Tidur

POJOKSATU – Tidur adalah kegiatan yang penting dalam hidup ini karena dengan membangun kualitas tidur yang baik adalah salah satu cara terbaik untuk tingkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Bagaimana mungkin kita bisa beraktifitas di siang hari untuk bekerja jika sepanjang malam kita tidak pernah tidur? Sudah pasti tubuh tak akan sanggup menahan lelah.

Dengan tidur, tubuh kita dapat melepaskan rasa lelah setelah seharian beraktifitas. Namun, sebagian orang ternyata tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Entah karena tidur terlalu larut atau karena kebiasaan-kebiasaan lain.

Kita dapat meningkatkan kualitas tidur dengan banyak cara. Beberapa diantaranya seperti di kutip dari Mayo Clinic, Selasa (6/1/2015).


Cara pertama adalah dengan membuat jadwal tidur yang tetap bisa membantu mengatur istirahatnya tubuh. Konsisten tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dapat memperkuat siklus tubuh dan membantu untuk meningkatkan kualitas tidur.

Lalu, tidurlah dengan kondisi tidak lapar atau terlalu kenyang, agar dapat membuat anda lebih mudah tidur. Perhatikan apa yang Anda makan dan minum sebelum tidur, juga batasi berapa banyak yang Anda minum sebelum tidur. Hal ini berguna untuk mencegah Anda terbangun di malam hari hanya untuk ke toilet. Minimalisir juga konsumsi nikotin, kafein apalagi alkohol.

Kemudian, smartphone dan laptop usahakan simpan jauh sebelum Anda tidur, karena jika smartphone digenggaman kita maka ini bisa membuat kesehatan tubuh terganggu, juga akan membuat anda cenderung terjaga dan melewati jam tidur yang telah ditetapkan.

Pada akhirnya, jika Anda suatu saat tidak juga bisa tidur meskipun telah masuk jam tidur, jangan melawannya. Bangunlah dari tempat tidur, lalu lakukan kegiatan santai apapun selama 15 menit. Anda dapat lebih cepat kembali ke tempat tidur saat mulai lelah. (zul)