Ini Manfaat Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Pisang, berat badan
Pisang
Foto: Istimewa. Manfaat buah pisang
Foto: Istimewa. Manfaat buah pisang

POJOKSATU – Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Budidaya pisang diyakini pertama kali dilakukan di dataran tinggi Papua Nugini.

Pisang merupakan buah-buahan yang sering ditemukan di Indonesia dengan harga yang relatif terjangkau. Pisang merupakan jenis buah yang memiliki kandungan gizi cukup besar. Buah pisang biasanya dikonsumsi sebagai makanan pencuci mulut. Mengkonsumsi pisang secara rutin ternyata banyak membawa manfaat untuk kesehatan tubuh.

Penelitian yang telah diterbitkan oleh anaerob pada Desember 2011, mengungkapkan bahwa buah pisang mengandung serat cukup besar, yang berguna membersihkan usus dari segala sisa makanan, baik sekali untuk menjaga fungsi kesehatan pencernaan.

Buah pisang memiliki 2 kali karbohidrat dan 5 kali kandungan vitamin A dibandingkan dengan buah apel. Pisang kaya akan kandungan potasium dengan kadar potasium mencapai 400mg di dalam pisang yang berukuran sedang. Oleh karena itu buah ini wajib dikonsumsi untuk tetap dapat menjaga kesehatan jantung.


Buah berbentuk bulan sabit, kulit berwarna kuning, dan memiliki rasa manis ternyata juga mengandung asam amino tritofan dalam jumlah kecil yang terbukti memiliki sifat dapat meningkatkan suasana hati. Di dalam buah pisang juga terdapat vitamin B6, nutrisi yang larut dalam air yang dapat membantu hormon serotonin mengatur hambatan darah di otak kita sehingga mengurangi depresi pada otak.

Bagi yang bermasalah dengan kondisi berat badan, maka dengan rutin mengkonsumsi buah pisang untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan buah pisang memiliki kandungan kalori yang relatif kecil.

Journal of the Science of Food and Agriculture, dalam suatu penelitian menemukan bahwa ekstrak pisang dapat menekan tingkat penyerapan karbohidrat dari tikus yang mengidap diabetes. Sehingga buah pisang memberikan efek anti diabetes.

Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya secara rutin mampu mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

Bagi yang bermasalah dengan kulit kasar maupun kering, daging buah pisang menjadi solusinya. Seperti cara mengobati jerawat, pertama hancurkan pisang lalu tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan untuk dijadikan masker pada wajah. Lakukan secara rutin dan kulit wajah akan menjadi halus.

Buah pisang juga ampuh untuk mengobati jerawat, caranya dengan menghancurkan daging buah pisang yang sudah matang. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan lalu bersihkan menggunakan air. Ulangi cara ini selama beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit pun menjadi bersih.

Bagi wanita yang sering merasa nyeri setiap kali haid, maka untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri ketika haid bisa memperbanyak mengkonsumsi buah pisang.

Pisang dapat digunakan sebagai obat sembelit yang alami. Buah ini dapat berfungsi untuk membantu memperlancar buang air besar. Dengan mengkonsumsi pisang untuk menghindari mengerasnya feses yang merupakan gejala awal sembelit.

Bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, buah pisang mengandung jumlah nutrisi yang cukup besar. Selain vitamin B6, kandungan mangan, vitamin C, juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk magnesium yang sangat penting. (zul)