Ajaib, Jahe Mampu Hilangkan Bekas Luka

asam urat
Jahe
Manfaat jahe. Getty Images
Manfaat jahe. Getty Images

POJOKSATU – Zingiber officinale (L.) Rosc atau biasa dikenal dengan sebutan jahe, adalah tanaman apotik hidup yang banyak memiliki khasiat dan kegunaan.

Jahe biasanya digunakan sebagai penyedap aroma masakan atau sebagai tambahan bumbu pada masakan. Namun, di bidang Industri jahe biasa diolah menjadi minyak atsiri untuk obat dan parfum.

Jahe segar mengandung gingerol dan zingeron, tapi jika dikeringkan senyawa ini berubah menjadi shogaol yang lebih pedas. Inilah yang biasa dijadikan biang khasiat pada jahe.

Jahe merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin A, C, E, dan B. Jahe juga memiliki kandungan magnesium, kalium, fosfor, silikon, besi, natrium, kalsium, seng, dan beta-karoten. Maka dari itu, tidak heran jahe menawarkan begitu banyak manfaat kesehatan yang luar biasa.


Dalam dunia kecantikan, jahe dapat bermanfaat untuk melawan penuaan dini karena mengandung antioksidan. Antioksidan tersebut dapat menghilangkan toxin dalam tubuh, memperlancar peredaran darah, memberikan nutrisi pada kulit, menangkal radikal bebas serta membuat kulit wanita menjadi lebih lembut, mulus dan halus.

Hebatnya, jahepun mampu menghilangkan bekas luka. Caranya, potong jahe lalu usapkanlah pada daerah tubuh yang terluka. Diamkan selama beberapa menit lalu bilaslah dengan air. Lakukan secara berkala agar luka di tubuh segera hilang.

Banyak penelitian membuktikan gingerol, shogaol dan zingeron punya fungsi farmakologi dan fisiologis seperti efek antioksidan, antiinflammasi, analgesik, antikarsinogenik dan kardiotonik.

Mengunyah sepotong kecil jahe segar sebelum makan, bisa membangkitkan selera makan dan mengaktifkan enzim-enzim pencernaan yang meningkatkan penyerapan dan asimilasi gizi esensial dari makanan untuk tubuh kita. Jahe juga bisa membersihkan saluran-saluran sirkulasi mikro di tubuh kita, termasuk gangguan sinusitis yang biasanya muda meradang pada udara sejuk.

Membalur tubuh atau mandi dengan air yang sudah dicampur dengan minyak jahe bisa membantu meredakan nyeri sendi dan sakit otot. Bahkan banyak dokter menyarankan pasien bedahnya mengunyah jahe sehabis operasi, untuk membantu mengatasi rasa mual sehabis pembedahan.

Wedang jahe atau bubuk jahe yang dicampur dengan teh, dapat mengusir gangguan tenggorokan dan hidung mampat, mengurangi mual dan mabok perjalanan, juga untuk mengusir gas dalam perut atau mencegah masuk angin.

Jahe terbukti bisa membantu mengurangi insomnia dan membuat kita nyenyak tidur, dan menurut penelitian jahe juga bisa berkhasiat sebagai zat aprosidiak alias zat penggenjot stamina seksual. (zul)