Amal Clooney Akan Dipenjarakan Pemerintah Mesir

Amal Clooney tiba di Athena, Yunani (Dok: People)
 Amal Clooney tiba di Athena, Yunani (Dok: People)
Amal Clooney tiba di Athena, Yunani (Dok: People)

POJOKSATU – Amal Clooney, bernama asli Amal Alamuddin terancam dipenjara oleh pemerintah Mesir karena mengkritikan sistem peradilan pemerintah Mesir.

Bermula dari kritikan Amal Clooney tentang sistem peradilan di Mesir pada Februari silam. Seperti dikutip People, Sabtu (3/1/2015) Amal menulis laporan untuk lembaga International Bar Association, LSM internasional yang mengadvokasi kasus hukum pelanggaran HAM yang berisi kritikan sistem peradilan di Mesir. Akibat sistem hukum yang lemah di sana, kliennya dijatuhi vonis hukuman penjara.

“Saat saya ingin merilis laporan itu, mereka melarang kami melakukannya di Kairo (ibukota Mesir),” kata Amal Clooney, pengacara HAM yang berasal dari Inggris, dalam sebuah wawancara dengan koran The Guardian. “Mereka memperingatkan, “Apa laporannya mengkritik militer, pengadilan, atau pemerintah?” Saya jawab, “Iya.” Dan mereka bilang: “Kalau begitu kau bisa ditangkap.”

Istri George Clooney ini mengungkapkan sejumlah pejabat pemerintah terlalu berkuasa atas hakim dan jaksa, dan meminta petugas hukum bekerja independen, terutama dalam kasus-kasus bernuansa politis.


Amal Clooney saat ini menjadi pengacara Mohamed Fahmyone yang divonis 7 sampai 10 tahun penjara, satu dari tiga wartawan Al Jazeera yang dituduh membantu kelompok Ihkwanul Muslimin, sebuah organisasi yang sudah dinyatakan terlarang di Mesir.

“Ada kesalahan, dan sekarang akan ada sidang lagi. Namun sidang ini masih berlangsung dalam proses sebuah sistem pengadilan yang sama. Ini tak banyak berarti,” tambahnya. (zul)